top of page

Berkumpulnya Dunia di Bandung : Kisah Peringatan Konferensi Asia-Afrika

Asia Afrika

Pada tahun 1955, Bandung menjadi saksi peristiwa bersejarah yang mengubah arah sejarah dunia. Konferensi Asia-Afrika, yang juga dikenal sebagai Konferensi Bandung, menjadi tonggak penting dalam perjuangan bangsa-bangsa Asia dan Afrika untuk mencapai kemerdekaan, perdamaian, dan kerjasama antarbangsa.

Latar Belakang Konferensi

Setelah berabad-abad mengalami penjajahan dan kolonialisme, negara-negara Asia dan Afrika bangkit untuk menegakkan kemerdekaan dan kedaulatan mereka. Konferensi Asia-Afrika di Bandung menjadi forum pertama bagi para pemimpin dan perwakilan dari kedua benua untuk bersatu dan menghadapi tantangan bersama.


citra alam riverside

Pesan Perdamaian dan Solidaritas

Konferensi Bandung bukan hanya sekedar pertemuan diplomatik, tetapi juga simbol kebersamaan dan solidaritas antarbangsa. Pada kesempatan itu, peserta konferensi menyuarakan tekad untuk menjaga perdamaian dunia, menghapuskan kolonialisme, dan mempromosikan kerjasama ekonomi, politik, dan sosial.

Legacy Konferensi

Hasil dari Konferensi Asia-Afrika di Bandung terwujud dalam Deklarasi Bandung, yang menegaskan prinsip-prinsip dasar seperti kedaulatan nasional, non-intervensi, dan penolakan terhadap blok-blok politik. Legacy dari konferensi ini terus dirasakan dalam upaya memperkuat hubungan antara negara-negara Asia dan Afrika.


outbound anak

Peringatan Hari Ini

Hingga hari ini, peringatan Konferensi Asia-Afrika di Bandung tetap menjadi momen penting untuk merenungkan nilai-nilai perdamaian, kemerdekaan, dan persatuan. Berbagai kegiatan peringatan, seperti seminar, pameran, dan diskusi, diadakan setiap tahun untuk mengenang dan memperingati semangat konferensi tersebut.

Konferensi Asia-Afrika di Bandung adalah bukti nyata kekuatan persatuan dalam menghadapi tantangan global. Melalui kerjasama dan solidaritas, bangsa-bangsa Asia dan Afrika menunjukkan bahwa perdamaian dan kemajuan dapat dicapai dengan bersatu dan bekerja sama. Peringatan konferensi ini menjadi momentum penting untuk terus mengembangkan kerjasama antarbangsa dan mewujudkan cita-cita perdamaian dunia.


Ayo wujudkan perdamaian yang abadi lewat program Sosialisasi Nasionalisme Indonesia yang ada di Citra Alam. Ingin tau lebih lanjut ? Hubungi kami !

6 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments

Rated 0 out of 5 stars.
No ratings yet

Add a rating
bottom of page