Professional Online Learning Banner (Landscape) (6).png

Pelatihan Ekowisata

Edukasi tentang cara pengolahan sampah untuk Pelestarian Lingkungan Hidup.

EkoWisata

      Program pelatihan pengolahan sampah dan daur ulang sampah dilakukan melalui beberapa tahapan. Di dalam pelatihan ini, peserta belajar untuk ikut serta dalam mengelola sampah yang ada untuk dijadikan sebagai barang yang lebih bermanfaat. Dengan fasilitas yang tersedia, sampah kertas, plastik atau sisa makanan bisa diolah kembali untuk diproses menjadi bahan baku sebuah karya seni atau pupuk organik.

P Kompos1 .jpg

Membangun Kesadaran dan Tanggung Jawab

Berdasarkan ketetapan Undang-Undang Republik Indonesia No.18 tahun 2008 “Tentang Pengolahan Sampah” maka penanganan sampah telah menjadi perhatian serius pemerintah sehingga perlu untuk mendorong kesadaran dan tanggung jawab bersama masyarakat mengatasi berbagai permasalahannya. Seperti kondisi darurat sampah plastik yang bisa mengancam lingkungan global.

Maksud dan Tujuan

​      Program pelatihan pengolahan sampah ini juga menjadi media pembelajaran pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, serta sarana kreatifitas / memberdayakan masyarakat desa untuk meningkatkan taraf hidup.

  • Merubah paradigma masyarakat tentang sampah

  • Memunculkan kesadaran dan tanggung jawab terhadap sampah

  • Menciptakan lingkungan yang bersih dan asri

  • Membangun ekonomi melalui pengolahan sampah terpadu

  • Kreatifitas melalui karya seni

Pelatihan pengolahan Sampah Organik :

Pupuk Organik Cair

      Pupuk dalam bentuk cair ini ( POC ) merupakan pupuk yang dibuat melalui proses pembusukan atau fermentasi sehingga menghasilkan larutan dari bahan bahan organik yang berasal dari sisa tanaman, kotoran hewan dan beberapa unsur hara yang mudah diserap oleh tanaman sehingga memiliki peran penting dalam membantu pertumbuhan pada tanaman.

www.citraalam.id (1).png

Pupuk Kompos

      Pupuk Kompos Organik terbuat dari sampah organik yang kaya akan unsur Karbon dan Nitrogen. Pupuk Kompos Organik juga dihasilkan dari proses fermentasi yang terjadi pada bahan organik. Secara alami, sampah organik akan mengalami pembusukan dan penguraian oleh ratusan jenis mikroba (bakteri, jamur, ragu) dan berbagai jenis binatang kecil yang hidup di tanah yang dapat memberikan nutrisi pada tanaman, meningkatkan pH tanah pada tanah asam, serta meningkatkan ketersediaan unsur mikro pada tanah.

EM - Desain (3).png

Pelatihan pengolahan Sampah Anorganik :

Daur Ulang Kertas

      Daur ulang kertas merupakan pengolahan kembali kertas yang sudah dipakai dan tidak digunakan menjadi kertas baru yang bisa dipakai kembali. Daur ulang kertas juga membantu melindungi lingkungan dan mengurangi sampah, menghemat air, energi dan limbah. Para ahli juga mengatakan daur ulang kertas bisa mengurangi emisi gas karbon atau efek rumah kaca dan memanfaatkan sumber daya lama untuk membuatnya menjadi baru.

EM - Desain (4).png

Daur Ulang Plastik

       Pelatihan Daur Ulang Plastik merupakan upaya untuk mengelola dan menggunakan plastik bekas agar dapat digunakan kembali atau diolah menjadi barang yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar demi melestarikan sumber daya alam. Daur ulang plastik dapat mengurangi produksi plastik baru, sehingga penggunaan minyak bumi dan emisi karbon juga berkurang.

EM - Desain (5).png

Experts

Trainer Prakarya Online.png

Lukman Nurdiansyah

" Kami menyajikan pelatihan pengolahan sampah, mulai dari cara memilahnya, penjelasan jenisnya, cara pengolahannya serta pemanfaatan nya untuk apa ?

Tentunya setelah mengikuti ekowisata di Citra Alam, harapannya para peserta mendapatkan Inspirasi dan langsung bisa mengadopsi di daerahnya masing-masing. "

Integrated System

EM - Desain (1).png
citra alam.png

      Sistem yang terintegrasi melalui Metode Sampah Terpilah. Citra Alam dan Rumah Pengolahan Sampah Citra ( RPSC ) bersinergis demi membangun lingkungan positif yang bisa bertanggung jawab terhadap penggunaan sampah dengan menyediakan Bak Pemilahan Sampah berdasarkan tipe, diharapkan para peserta pengunjung wisata edukasi Citra Alam bisa menanamkan rasa tanggung jawab terhadap sampah untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Testimoni

fasilitas kolam renang dengan view pegunungan.jpg

LM
(Instagram)

Terima kasih untuk kenang - kenangannya teman dari @unida_bogor , semoga KKN di Rumah Pengolahan Sampah Citra yg berlokasi di @citraalamriverside bisa bermanfaat dan bisa dipraktekan langsung.
Aamiin ya robbal alamin.

NOAH.png

Sekolah NOAH
(Youtube)

Terima kasih kepada citra alam yang telah memfasilitasi sekolah NOAH untuk membudidayakan sampah baik organik dan non-organik semoga citra alam selalu sukes menjadi pionir pengelolahan sampah Indonesia.

EF.png

Fikri Tkn
(Youtube)

Sukses trus ltv bebas sampah, saya Hairul Fikri mahasiswa Djuanda fakultas pertanian, terimakasih untuk pak Lukman dan RPSC yang telah menerima kami untuk  melaksanakan kegiatan KKN dan terimakasih untuk ilmu dan pengalamanya juga pastinya karna telah diajak untuk mengolah sampah secara langsung dan tau bagaimana proses nya.

Our Clients

Presentasi Prakarya Online & Offline (1).png