5 Langkah Mempersiapkan Outbound dan Camping di Masa Pandemi



Berwisata sering menjadi pilihan banyak orang untuk melepas penat dan kejenuhan dari aktivitas rutin sehari-hari. Apalagi jika wisata dilakukan di alam terbuka, akan memberikan kesegaran bagi tubuh dan pikiran. Nah kegiatan apa yang menjadi favorite dilakukan saat wisata di alam terbuka? Outbound dan camping diantaranya. Dua kegiatan tersebut dapat diikuti siapapun dari usia anak-anak hingga dewasa bahkan lansia, serta dapat dilakukan bersama keluarga, kelompok komunitas, organisasi hingga perusahaan.


Dalam kondisi masih pandemi covid-19 dimana masih ada pembatasan masyarakat untuk beraktivitas di luar rumah, dibutuhkan persiapan khusus jika ingin camping dan outbound. Keharusan untuk menggunakan masker, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak akan membuat pengalaman camping dan outbound berbeda dari saat kondisi sebelum pandemi. Nah karena kondisi tersebut maka persiapan yang harus dilakukan untuk bisa menggelar camping dan outbound di masa pandemi, tentu saja berbeda dengan saat kondisi normal. Apa saja persiapan khususnya?


1. Carilah lokasi camping dan outbound yang menerapkan protokol kesehatan sesuai standar



Karena kondisi pandemi yang masih terjadi saat ini, maka penerapan protokol kesehatan harus menjadi perhatian utama dalam memilih lokasi outbound dan camping. Meliputi aturan menggunakan masker, menjaga jarak antar pengunjung, ketersediaan fasilitas cuci tangan, hingga kebersihan fasilitas dan peralatan yang akan digunakan.


2. Memilih sistem booking lokasi dengan melakukan survey terlebih dahulu



Tempat outbound dan camping yang menerapkan sistem booking bagi setiap calon pengunjung akan memberikan keleluasaan untuk melakukan persiapan matang. Pada tahap awal, calon pengunjung dapat melakukan survey lokasi terlebih dahulu sehingga dapat melihat lokasi dan fasilitas secara langsung. Apalagi untuk kegiatan outbound dan camping, setiap peserta membutuhkan fasilitas MCK, dapur umum, atau penyediaan kebutuhan makanan selama kegiatan berlangsung. Bertanyalah sebanyak mungkin kepada customer service di lokasi, agar dapat diperoleh secara jelas gambaran kegiatan hingga mekanisme pembayaran. Dalam survey bisa langsung diputuskan apakah jadi atau tidak menggunakan lokasi tersebut untuk kegiatan yang direncanakan.


3. Mencari detail informasi tentang situasi perjalanan menuju lokasi



Keluhan seperti jalanan macet, terkena buka tutup arus, ada perbaikan jalan, razia masker dan jaga jarak di dalam kendaraan, seringkali muncul dari pengguna jalan yang melintasi jalur menuju lokasi outbound dan camping selama masa pandemi. Maka informasi mengenai situasi perjalanan menuju lokasi menjadi sangat penting, apalagi jika kegiatan outbound diikuti oleh banyak peserta. Tentunya kita tidak ingin mendengar banyak suara kecewa karena kondisi perjalanan yang tidak nyaman. Informasi tentang perjalanan tersebut dapat ditanyakan kepada marketing atau customer service yang menangani rencana kegiatan outbound.


4. Membawa perlengkapan pribadi




Untuk barang-barang yang harus dibawa saat kegiatan outbound dan camping saat pandemi tidak jauh berbeda dengan saat kondisi normal. Seperti tenda camping, perlengkapan mandi sendiri, obat-obatan pribadi, dan barang pribadi lain yang diperlukan. Ragam permainan outbound di alam terbuka yang seringkali membuat pakaian menjadi kotor, mengharuskan tiap peserta untuk membawa pakaian serta alas kaki cadangan. Agar kesehatan tetap terjaga bawalah tisu basah & kering, hand sanitizer dan banyak cadangan masker. Sebaiknya gunakan masker non kain dengan bahan yang menyerap keringat serta tidak menyebabkan iritasi di kulit, sehingga anda selalu nyaman menggunakan masker selama berkegiatan. Keuntungan dari membawa masker non kain saat kegiatan di alam terbuka, yaitu untuk menghemat cucian kotor.


5. Memastikan susunan acara



Jika peserta kurang dari 5 orang, susunan acara atau kegiatan tidak terlalu rumit. Namun jika peserta lebih dari 10 orang, dibutuhkan daftar acara yang tersusun dengan baik serta teknis pelaksanaannya. Komunikasikan dengan tim yang bertanggung jawab di lokasi atau pemandu kegiatan. Penting juga untuk memastikan mekanisme menjaga jarak antar peserta atau dengan rombongan lain saat kegiatan berlangsung nanti. Citra Alam merekomendasikan bermacam permainan yang dapat diikuti selama kegiatan outbound dan camping seperti permainan beregu Panahan dan Paintball.


Memiliki area yang sangat luas dengan pemandangan alam yang indah dan suasana sejuk dan segar, Citra Alam menjadi tempat outbound dan camping yang pas bagi siapa saja. Anda bisa mengajak keluarga kecil, keluarga besar, teman-teman komunitas ataupun teman-teman kantor untuk berwisata di alam terbuka dengan tetap merasa aman dan nyaman selama masa pandemi. Tetap sehat dan berbahagia, agar setiap aktivitas yang dijalankan selama berwisata, dapat berjalan dengan baik.


380 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua