• Diniarini Citraalam

Tips Outbound Aman Saat Pandemi

Diperbarui: Mar 9

Outbound, seperti namanya, merupakan kegiatan di alam terbuka termasuk dalam salah satu pilihan kegiatan wisata alam yang direkomendasikan saat pandemi. Sebab, wisata alam dianggap memiliki resiko rendah penularan virus covid-19. Kegiatan outbound bisa menjadi salah satu pilihan untuk kegiatannya karena berisi berbagai permainan yang bisa diikuti secara individu atau kelompok.  Akan tetapi dibutuhkan tips tertentu untuk menggelar outbound yang aman selama pandemi masih berlangsung.

bermacam-macam permainan dalam kegiatan  outbound di lokasi pegunungan
bermacam permainan outbound menantang

Di Citra Alam, outbound merupakan pendidikan alam terbuka yang menitik-beratkan pada praktek dan pengalaman nyata mengenai pembentukan karakter untuk setiap pesertanya. Pembelajaran dilakukan melalui pendekatan unik dan sederhana dalam setiap permainannya. Outbound di Citra Alam memiliki bermacam-macam permainan seperti flying fox, body rafting, high-ropes, tracking dan games kelompok kecil untuk leadership dan team building.

Agar kegiatan outbound tetap aman diikuti saat pandemi di masa new normal, berikut ini tipsnya :


1. Carilah lokasi wisata alam yang menerapkan protokol kesehatan sesuai standar

kegiatan pembersihan lokasi
pembersihan lokasi secara berkala

Oleh karena kondisi pandemi yang masih terjadi saat ini, maka penerapan protokol kesehatan harus menjadi perhatian utama dalam memilih lokasi wisata alam. Meliputi aturan menggunakan masker, menjaga jarak antar pengunjung, ketersediaan fasilitas cuci tangan, hingga kebersihan fasilitas dan peralatan yang akan digunakan.


2. Memilih sistem booking lokasi dengan melakukan survey terlebih dahulu

Lokasi wisata yang menerapkan sistem booking bagi setiap calon pengunjungnya akan memberikan keleluasaan untuk melakukan persiapan yang matang. Pada tahap awal, calon pengunjung dapat melakukan survey lokasi

terlebih dahulu sehingga dapat melihat lokasi dan fasilitas secara langsung. Bertanyalah sebanyak mungkin kepada customer service di lokasi, agar dapat diperoleh secara jelas gambaran kegiatan hingga mekanisme pembayaran. Dalam survey, bisa langsung diputuskan apakah jadi atau tidak menggunakan lokasi tersebut untuk kegiatan yang direncanakan.


3. Mencari detail informasi tentang situasi perjalanan menuju lokasi

Keluhan seperti jalanan macet, terkena buka tutup arus, ada perbaikan jalan, razia masker dan jaga jarak di dalam kendaraan, seringkali muncul dari pengguna jalan yang melintasi jalur menuju lokasi wisata. Oleh karena itu informasi mengenai situasi perjalanan menuju lokasi sangat penting. Apalagi jika kegiatan outbound diikuti oleh banyak peserta. Tentunya kita tidak ingin mendengar banyak suara kecewa kondisi perjalanan yang tidak nyaman. Informasi tentang perjalanan tersebut dapat ditanyakan kepada marketing atau customer service yang menangani rencana kegiatan outbound.

4. Membawa cadangan perlengkapan pribadi

outbound dengan kegiatan menantang di dalam lumpur
berani kotor demi kebersamaan

Berkegiatan di alam terbuka seringkali membuat pakaian menjadi kotor baik karena aktivitas fisik yang membuat berkeringat atau jenis permainan yang diikuti. Bawalah pakaian dan sandal atau sepatu cadangan untuk ganti termasuk masker. Lengkapi juga dengan peralatan kebersihan seperti sabun cuci tangan atau hand sanitizer, serta tissue basah dan kering. Untuk kegiatan menginap, bawalah perlengkapan mandi dan perlengkapan tidur sendiri. Jangan lupa membawa obat-obatan pribadi/keluarga.


5. Memastikan susunan acara

games outbound bertema fun untuk kekompakkan tim
Outbound dengan fun games berkelompok

Jika peserta kegiatan kurang dari 5 orang, susunan acara atau kegiatan tidak terlalu rumit. Namun jika peserta lebih dari 10 orang, dibutuhkan daftar acara yang tersusun dengan baik beserta teknis pelaksanaannya. Komunikasikan dengan tim yang bertanggung jawab di lokasi atau pemandu kegiatan. Penting juga untuk memastikan mekanisme menjaga jarak antar peserta atau dengan rombongan lain saat kegiatan berlangsung nanti.


6. Konsumsi peserta selama kegiatan

Dalam setiap kegiatan outbound yang digelar, pengunjung biasanya memilih paket kegiatan yang sesuai dengan kebutuhannya. Pastikan paket tersebut memuat item konsumsi seperti snack dan makan termasuk cara penyajiannya. Jika ingin membeli makanan atau camilan, belilah di kantin yang ada di dalam lokasi karena lebih terjamin bersih dan aman. Perlu diketahui juga penerapan standar protokol kesehatan dalam pembuatan makanan dan penyajian konsumsi di lokasi wisata tersebut.


7. Selalu patuhi aturan protokol kesehatan saat kegiatan

info pemberlakuan protokol kesehatan dalam banner
anjuran protokol kesehatan di lokasi

Dengan mematuhi setiap peraturan protokol kesehatan yang berlaku di lokasi kegiatan, akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi setiap pengunjung. Ada baiknya juga untuk saling mengingatkan diantara peserta, misalnya selalu menggunakan masker, sering mencuci tangan, menghindari kerumunan banyak orang, serta mengonsumsi makanan bergizi.

Semoga 7 tips menggelar outbound aman diatas bermanfaat bagi anda yang sedang atau akan merencanakan kegiatan outbound. Tetap sehat dan berbahagia agar setiap aktivitas yang anda lakukan dapat berjalan dengan baik dan lancar. 

#outbound

Postingan Terakhir

Lihat Semua