Rayakan Kemerdekaan Saat Pandemi, Mengapa Tidak?

Diperbarui: Jan 28

Bulan Agustus akan selalu menjadi bulan kemerdekaannya bangsa Indonesia, apapun kondisinya. Termasuk ketika bangsa ini sedang didera masalah pandemi global yang masih terjadi. Namun bukan berarti masalah bangsa dapat menghilangkan semangat untuk merayakan kemerdekaan. Ada banyak cara sederhana yang bisa dilakukan untuk bisa tetap merasakan suka cita memperingati HUT Kemerdekaan saat pandemi.

Jika biasanya bulan kemerdekaan atau HUT Kemerdekaan yang jatuh pada setiap tanggal 17 Agustus dirayakan dengan berbagai persiapan menggelar upacara di sejumlah sekolah dan perkantoran serta perlombaan di pemukiman masyarakat, di masa new normal hal tersebut tentu saja tidak bisa dilaksanakan. Setidaknya selama pandemi masih belum berakhir, masyarakat diminta untuk menahan diri membuat perayaan bentuk apapun yang menimbulkan kerumunan orang. Tujuannya adalah untuk memutus mata rantai penyebaran penyakit corona yang masih belum dinyatakan hilang di seluruh dunia. Oleh karena itu dibutuhkan kreatifitas dalam mengisi bulan kemerdekaan agar tidak memudarkan semangat dan rasa syukur atas nikmat kemerdekaan yang sudah dirasakan sampai sekarang.

Ada banyak cara sederhana untuk mengisi bulan kemerdekaan di masa new normal, 5 diantaranya : 

1. Mengibarkan bendera merah putih di rumah dan perkantoran

Syarat wajib peringati hari kemerdekaan adalah mengibarkan bendera

Pengibaran Bendera Merah Putih. (Foto: dok. NUSANTARANEWS.CO)

Sudah menjadi ketetapan pemerintah bahwa warga dihimbau untuk mengibarkan bendera mulai tanggal 1 sampai 31 Agustus. Selama 1 bulan bulan kemerdekaan tersebut di seluruh penjuru negeri akan semarak dengan berkibarnya bendera merah putih sehingga dapat tetap memberi semangat nasionalisme masyarakat, khususnya di masa pandemi saat ini.

2. Mengunjungi museum atau lokasi wisata edukasi yang menerapkan protokol kesehatan secara ketat