Pilihan Kegiatan Untuk Mengisi Acara Perpisahan Sekolah

Diperbarui: Jan 28

Acara perpisahan sekolah selalu masuk dalam agenda rutin kegiatan sekolah di akhir tahun ajaran. Hingga kini acara tersebut masih dianggap penting untuk diselenggarakan dengan berbagai cara dengan tujuan agar memberikan kesan mendalam bagi para siswa sebelum meninggalkan sekolah dan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Acara perpisahan sekolah yang biasa digelar seperti graduation, wisuda, pelepasan siswa, dll selalu diikuti secara lengkap oleh siswa, guru dan orang tua. Semua pihak yang memiliki peran masing-masing, dapat memaknai digelarnya acara yang sudah menjadi tradisi tahunan di setiap sekolah tersebut.

ilustrasi perpisahan sekolah

Perpisahan sekolah diselenggarakan oleh berbagai tingkat atau jenjang pendidikan mulai dari TK hingga SLTA. Berikut ini sejumlah pilihan acara perpisahan sekolah beserta kegiatan positif yang dapat mengisinya, berdasarkan jenjang pendidikan :

Perpisahan TK

Meski para siswanya masih berada di usia dini sekolah, acara perpisahan TK sudah menjadi agenda rutin tahunan di masa sekarang ini. Jenis acara bisa bermacam-macam seperti wisuda dimana para siswa akan mengenakan atribut berupa toga kecil, atau pelepasan siswa. Kegiatan yang banyak mengisi acara perpisahan di tingkat TK seperti rekreasi, outing, atau pentas seni dengan konsep bermain sambil belajar yang menyenangkan.