Kegiatan Edukasi untuk menumbuhkan kepedulian terhadap Sampah

Diperbarui: 9 Nov

Wujudkan lingkungan yang lebih sehat bagi bumi dan manusia



Lingkungan yang rusak akibat kebiasaan membuang sampah sembarangan sudah harus menjadi pusat perhatian bersama. Jika hal ini dibiarkan, tentunya banyak dampak negatif yang akan dirasakan generasi penerus kita. Beberapa contohnya seperti banjir, pencemaran air dan tanah, merusak tanaman dan masih banyak lagi. Semua ini didasari oleh bagaimana masyarakat melihat dan menilai sampah sebagai sesuatu yang tidak ada artinya.


Melihat permasalahan tersebut, Citra Alam dan Rumah Pengolahan Sampah Citra ( RPSC ) bersinergis dalam memberikan edukasi kepada Sekolah, Masyarakat dan Instansi lainnya untuk sama-sama berperan dalam menjaga ekosistem lingkungan lewat sebuah Pelatihan EKOWISATA dengan maksud dan tujuan sebagai berikut :


  • Membuka cara pandang baru terhadap permasalah sampah yang ada

  • Meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab peserta terhadap sampah

  • Membangun budaya pemilahan sampah sesuai jenisnya

  • Meningkatkan kreativitas peserta dalam mengelola sampah untuk didaur ulang

  • Dan masih banyak lagi


Maka dari itu, dengan harapan yang besar untuk sama-sama membangun kepedulian terhadap sampah, Citra Alam dan RPSC mengadakan beberapa pelatihan, diantaranya :




Daur Ulang ( recycle )


Daur Ulang Merupakan salah satu solusi terbaik dalam upaya mengatasi penumpukan sampah. Edukasi tentang daur ulang sampah harus lebih gencar dilakukan demi menanggulangi masalah sampah yang dampaknya semakin masif. Melakukan daur ulang sampah berarti telah berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan. Pada kegiatan ini, peserta pelatihan akan diajarkan tentang jenis - jenis dan cara pengolahan :




A. Sampah Organik menjadi Kompos & Mikro Organisme Lokal (MOL).


Kompos merupakan pupuk organik dari tanaman dan sampah rumah tangga, tidak saja membantu mengurangi sampah yang ada, kompos juga menambah kemampuan tanah dalam menyimpan air dan memberi tambahan nutrisi bagi tanaman.


MOL ( MikroOrganisme Lokal ) adalah sekumpulan mikroorganisme yang bermanfaat sebagai starter dalam penguraian, fermentasi bahan organik menjadi pupuk organik padat maupun cair.



B. Sampah Anorganik menjadi Cacahan Plastik & Kertas Daur Ulang.

Cacahan Plastik Berasal dari plastik pembungkus makanan atau barang-barang lainnya, jumlah sampah ini terus melonjak sehingga wajib mendapatkan perhatian khusus melalui upaya daur ulang sampah dengan cara dicacah.


Kertas Daur Ulang merupakan langkah yang dilakukan untuk mengurangi jumlah kayu yang ditebang sebagai bahan baku kertas. Jika penebangan kayu di hutan tidak dilakukan secara berlebihan, habitat hidup satwa liar tetap terjaga dan ketersediaan air tanah tetap melimpah.




Eco Camp

Merupakan suatu bentuk perjalanan camping khusus dengan mengutamakan aspek konservasi alam. disamping membangun kepedulian, karakter dan komitmen terhadap pelestarian alam, pengolahan sampah menjadi salah satu muatan pada kegiatan eco camp. Disini peserta diajarkan untuk bertanggung jawab terhadap sampahnya, mulai dari penjelasan tentang proses merubah sampah organik dan anorganik hingga pemanfaatannya yang sangat menarik dan memotivasi untuk dapat diaplikasikan di lingkungan sekitar.


Kami meyakini dengan adanya Pelatihan EKOWISATA ini akan sangat membantu seluruh elemen masyarakat agar bisa menyelesaikan permasalahan sampah yang ada di Nusantara.


Ayo ikuti pelatihan nya !