Merancang Tema Gathering Agar Lebih Seru dan Berkesan

Menggelar sebuah acara gathering bukan lagi menjadi hal sulit dan merepotkan, karena sudah banyak tersebar jasa penyelenggara kegiatan tersebut. Jika lebih memilih untuk menangani sendiri penyelenggaraan gathering, baik perusahaan, komunitas, perkumpulan atau di lingkungan perumahan, sudah banyak juga panduan untuk pelaksanaannya. Meski sudah ada berbagai kemudahan tersebut, namun masih banyak yang mengabaikan tema dari penyelenggaraan acara gathering. Kebanyakan acara gathering yang digelar tidak terfokus pada goal atau tujuan yang akan dicapai, atau hanya sebagai sarana untuk melepas kejenuhan dan bersenang-senang. Padahal sebenarnya, menentukan tema gathering sama pentingnya dengan memilih lokasi, menyusun kegiatan, sampai menetapkan baju apa yang akan dikenakan saat berlangsungnya acara agar semua penuh semangat kebersamaan.

foto bersama kegiatan gathering

Menentukan tema gathering penting dilakukan agar kegiatan lebih berkesan dan bisa memberi manfaat bagi para pesertanya ketika kembali lagi dengan pekerjaan maupun aktivitas sehari-hari. Apalagi jika Gathering tersebut dilakukan rutin setiap tahunnya. Pada perusahaan, penentuan tema acara gathering diperlukan agar seluruh kegiatan menjadi lebih terarah serta memudahkan dalam menentukan substansi isi serta alur kegiatan.

Banyak tema gathering yang bisa dipilih terutama yang digelar oleh perusahaan. Meski demikian banyak hal yang harus diperhatikan dalam menentukan tema tersebut seperti :

Visi dan misi perusahaan

Agar tujuan penyelenggaraan gathering dapat tercapai, visi misi perusahaan menjadi hal terpenting yang harus diperhatikan dalam menyusun konsep acara gathering termasuk menentukan tema. Bahkan akan lebih baik lagi jika disesuaikan dengan agenda perusahaan, seperti ulang tahun perusahaan, pemberian reward bagi karyawan terbaik, atau pencapaian target tahunan perusahaan. Ada juga beberapa perusahaan yang menggelar gathering dengan keluarga karyawan sebagai ajang silaturahmi setelah hari raya.

Tujuan kegiatan

Dalam menentukan tema, harus terlebih dahulu melihat tujuan pelaksanaan kegiatan gathering yang sudah ditetapkan oleh perusahaan. Apalagi jika kegiatan gathering masuk dalam agenda rutin tahunan. Pemilihan tema yang menarik dan variatif akan membuat acara semakin berkesan bagi tiap pesertanya.

Gathering keluarga di citra alam riverside