Mengembangkan Kreasi dan Kreativitas Dengan Tanah Liat

Memiliki karya yang cukup unik dan kreatif merupakan keinginan banyak orang. Apalagi jika barang tersebut merupakan kerajinan tangan yang bisa bermanfaat bagi diri sendiri atau bahkan sampai memiliki nilai seni yang tinggi. Salah satu kerajinan tangan yang dapat dipelajari dengan mudah adalah tanah liat. Dengan tekstur yang lembut dan lunak menjadikannya mudah untuk dibentuk. Terlebih dengan beberapa teknik khusus, tanah liat dapat menjadi benda atau kerajinan tangan yang memiliki estetika (keindahan) yang cukup unik.

Berkreasi tanpa batas

Tanpa batasan usia, siapa pun bisa mengkreasikan tanah liat menjadi sebuah benda atau kerajinan. Bagi anak-anak yang gemar bermain dengan media berasal dari alam seperti air, tanah, pasir dan tumbuhan, berkreasi dengan tanah liat dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan.

Selain dapat menuangkan imajinasi dan kreativitas dalam berbagai bentuk sesuai keinginan, kemampuan motorik anak juga akan lebih mudah berkembang. Bahkan bagi anak berkebutuhan khusus, membuat kreasi dengan tanah liat dinilai efektif dalam melatih kemampuan dasar mereka.

Dibutuhkan kesabaran dan ketelitian dalam mengkreasikan tanah liat menjadi bentuk lucu, unik dan indah, termasuk prosesnya juga yang membutuhkan waktu cukup lama. Untuk itu berkreasi dengan tanah liat bagi anak juga dapat memperkuat fungsi kognitif, karena ketika membentuknya, mereka akan menghadapi masalah yang harus diselesaikan. Kegiatan berkreasi dengan tanah liat baik yang dilakukan oleh anak-anak maupun orang dewasa membutuhkan persiapan seluruh bahan dan peralatan untuk mempermudah pengerjaannya. Panduan dari seorang atau tim instruktur juga diperlukan agar kegiatan dapat lebih terarah dan hasilnya bisa menjadi karya yang baik.


Jika semua bahan dan perlengkapan sudah tersedia, tanah liat siap dibentuk sesuai dengan keinginan. Pertama, tambahkan sedikit air pada tanah liat kemudian mengulennya dengan tangan secara manual. Apabila teknik yang digunakan tanpa menggunakan alat bantu, tanah liat yang sudah bercampur dengan air secara merata bisa langsung dibentuk sesuai dengan keinginan. Pada taha