Mengapa Perpisahan Sekolah Menjadi Tradisi Tahunan?

Diperbarui: 15 Jun 2021

Seperti sudah menjadi tradisi, setiap sekolah menyelenggarakan perpisahan sekolah setiap tahunnya. Dari tingkat TK sampai tingkat SLTA dan Perguruan Tinggi menyelenggarakan perpisahan sekolah dengan berbagai acara yang tetap meninggalkan kesan mendalam bagi siswa, guru maupun orang tua.  

Oleh karena perpisahan sekolah selalu masuk dalam agenda rutin kegiatan sekolah di akhir tahun ajaran, maka acara tersebut dianggap penting untuk diselenggarakan.

Acara perpisahan sekolah siswa SD di Citra Alam Riverside (dok foto 2016)

Bagi para siswa

Karena memiliki posisi terpenting dalam acara perpisahan, setiap siswa akan menjadikan perpisahan sekolah sebagai momentum mengucapkan terima kasih kepada guru yang telah mengajar dan mendidik mereka. Siswa juga perlu menyampaikan permintaan maaf kepada guru, atas segala kenakalan dan ketidak-patuhan selama menjadi siswa disekolah tersebut. Selanjutnya, siswa pun meminta restu agar ilmu yang sudah diperoleh menjadi bermanfaat dan menjadi bekal untuk kehidupan di masa depan.

Kesan tak terlupakan saat mengikuti kegiatan bersama teman

Selain dengan guru, siswa juga akan berpisah dengan seluruh teman dalam satu angkatan. Keberadaan teman sangat penting selama bersekolah karena teman adalah orang yang paling dekat. Banyak hal  menyenangkan telah dilakukan bersama teman seperti berbagi cerita, bermain, termasuk belajar bersama. Acara ini akan menjadi kegiatan terakhir bersama teman-teman sebelum berpisah untuk melanjutkan ke sekolah yang berbeda.


Bagi sekolah

Ada ungkapan yang mengatakan bahwa sekolah seperti rumah kedua bagi siswanya. Para guru otomatis juga menjadi orang tua kedua untuk mereka. Dengan rutinitas yang setiap hari pergi ke sekolah, bertemu guru dan teman-teman serta staf sekolah, setiap siswa pasti merasa sekolah adalah rumah, tempat belajar banyak hal. Kepercayaan para orang tua juga memiliki pengaruh yang besar terhadap sekolah itu sendiri.

Peran guru sebagai pengganti orang tua di sekolah

Terlebih pada sekolah-sekolah yang menerapkan full day school, maka siswa akan lebih banyak menghabiskan waktunya disana. Pada acara perpisahan itulah merupakan waktu yang tepat untuk mengembalikan siswa secara resmi kepada orang tuanya. Pesan moral dan motivasi pihak sekolah sangat berarti bagi siswa dan orang tua siswa, sebelum melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.


Bagi orang tua siswa

Para orang tua tentunya merasa terbantu oleh sekolah yang sudah memberikan ilmu sebagai bekal anak-anak untuk menapaki masa depannya nanti. Dengan digelarnya acara perpisahan sekolah, orang tua dapat menjadikannya sebagai momentum mengucapkan terima kasih kepada guru maupun pihak sekolah secara keseluruhan.

Foto bersama guru dan orang tua di acara wisuda siswa

Acara perpisahan juga akan mempererat hubungan antara orang tua dengan guru, serta orang tua dengan pihak sekolah, termasuk pada saat siswa sudah berubah sebutan sebagai alumni.


Dari penjelasan diatas, terjawab bahwa perpisahan sekolah merupakan momentum yang sangat penting bagi semua pihak. Itulah mengapa perpisahan sekolah menjadi tradisi setiap tahunnya. Seperti kata pepatah, setiap perjumpaan pasti ada perpisahan. Namun perpisahan akan selalu mengajarkan kita untuk menghargai bahwa setiap detik kebersamaan adalah anugerah.

Ungkapan rasa terima kasih dan memohon restu siswa kepada guru

#alamterbuka #characterbuilding #outbound

2.342 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua