top of page

Membatik Tak Semudah Yang Dibayangkan

Diperbarui: 28 Jan 2021

Belajar bagaimana menjadi wanita mandiri Belajar bagaimana merasakan menjadi seorang pembatik Karena membatik tak semudah yang dibayangkan.

Begitulah yang ditulis dalam akun instagram milik mitapratiwi15_ yang menggambarkan perasaannya saat mengikuti kegiatan membatik di Citra Alam. Melalui field trip fakultas keguruan dan ilmu pendidikan guru Sekolah Dasar Unisma Bekasi, Mita dapat merasakan secara langsung bagaimana mengguratkan malam diatas kain dengan menggunakan canting, mengikuti pola yang sudah ada. Meski pola yang sudah tergambar pada kain tergolong mudah, namun bagi Mita, membuatnya sebagai sebuah karya batik ternyata tidak semudah yang dibayangkan.


Dalam postingan di akun instagramnya, Mita menjelaskan bahwa seorang pembatik akan diuji kesabarannya pada saat menggoreskan malam diatas pola yang sudah dibuat. Ia juga memaparkan bagaimana proses membatik. Karena kerumitan prosesnya itulah yang membuat batik tidak murah. Selanjutnya Mita mengajak agar kita berbangga sebagai bangsa yang pemilik ciri khas kebudayaan tersebut.


testimoni peserta pelatihan membatik citra alam

Sulitnya proses membuat batik juga diakui Tanti, warga Bintaro yang menghadiri sebuah acara workshop membatik di Jakarta. “Ternyata bikin batik itu susah ya? Kirain tinggal ngikutin sketsa yang sudah ada saja. Ini dari tadi lilinnya mblobor kemana-mana,” katanya sambil berulang kali memandang selembar kain dihadapannya, dan menggenggam sebuah canting. Hal senada juga pernah diungkapkan Joeke Pamoedjo yang pernah menjadi pengurus Komunitas Cinta Berkain. Ia mengaku saat pertama kali membuat batik, prosesnya cukup rumit. “Ini bukan sekedar menggambar motif saja pakai canting, tapi ada nilai-nilai terkandung di dalamnya,” kata Joeke.


salah satu workshop membatik jakarta

Baik Mita, Tanti maupun Joeke yang mengakui bahwa proses membuat batik tidaklah mudah, namun bukan berarti seni kerajinan ini tidak bisa dipelajari. Bahkan anak-anak usia sekolah pun kini sudah banyak yang mengenal proses pembuatan batik melalui berbagai pelatihan.


kunjungan ke sentra batik banten krakatoa

Citra Alam sebagai lembaga pelatihan dan pendidikan memiliki program pelatihan membatik yang dapat diikuti oleh berbagai usia mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga lanjut usia. Dengan pengarahan dari ahli membatik, Citra Alam memperkenalkan metode membatik , mendemonstrasikannya serta membantu setiap peserta mulai dari merancang/menggambar pola, pewarnaan dasar dan colet hingga tehnik tinggi pelorodan. Selain untuk memperkenalkan salah satu jenis kebudayaan bangsa, pelatihan membatik juga bertujuan membangun imajinasi dan kreativitas.

24 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page