Manfaat Mendongeng Untuk Tumbuh Kembang Anak

Dongeng merupakan bentuk sastra lama yang bercerita tentang suatu kejadian luar biasa, penuh khayalan (fiksi) yang dianggap oleh masyarakat suatu hal tidak benar-benar terjadi. Dongeng merupakan bentuk cerita tradisional atau cerita yang disampaikan secara turun-temurun dari nenek moyang. Tradisi mendongeng sudah ada pada zaman dahulu, teringat masa kecil ketika malam hari sebelum tidur nenek atau ibu selalu menceritakan tentang dongeng-dongeng salah satunya dongeng “si kancil dan buaya”.

Mendongeng merupakan komunikasi lisan dengan bercerita akan semakin memperluas wawasan anak karena lewat mendongeng orang tua dapat menceritakan tentang dunia dan cerita tentang kehidupan sehari-hari kepada anak. Mendongeng berdampak positif terhadap tumbuh kembang otak, daya imajinasi dan emosional anak. Berikut beberapa manfaat mendongeng untuk tumbuh kembang anak:


citra alam lakeside

1. Meningkatkan kemampuan bahasa anak

Mendongeng merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan banyak kosakata pada anak karena pada saat mendongeng anak akan mendengar kalimat yang baru mereka dengar. Hal ini tentu saja akan memperkaya kosakata anak, dengan begitu anak akan belajar menggunakan bahasa dengan baik dan benar.

2. Memperkuat ikatan batin antara orangtua dan anak

Ketika sedang mendongeng hubungan anak dan orang tua akan menjadi semakin dekat. Bagaimana tidak, duduk berdua bersama anak di tempat yang nyaman sambil mendongeng merupakan waktu yang sangat berkualitas bagi anak dan orangtua. Hal ini, dapat memperkuat ikatan batin antara orangtua dan anak.

3. Memperkuat daya ingat anak karena pengulangan cerita

Dengan mendongeng anak akan mendengar kata-kata atau frase yang sering di ulang-ulang anak akan belajar untuk mengingatnya. Mendengar cerita yang sama secara berulang-ulang akan memperkuat daya ingat anak. Setelah anak tahu jalan cerita dongeng tersebut, biasanya anak akan mencoba untuk menceritakan kembali dongeng yang Ia dengar kepada orang di sekitarnya dengan kalimat atau kata-kata yang disusun sendiri.

4. Meningkatkan minat baca

Mendongeng merupakan salah satu cara paling tepat untuk meningkatkan minat baca pada anak. Lewat kisah-kisah