Manfaat Liburan Di Pantai Untuk Kesehatan

Pantai menjadi salah satu destinasi liburan yang digemari khususnya oleh masyarakat perkotaan. Karena selain memiliki pemandangan yang menyegarkan, banyak hal menyenangkan bisa dilakukan seperti berenang, bermain pasir, dan memancing.


Namun belum banyak yang mengetahui bahwa berlibur di pantai memiliki banyak manfaat, termasuk untuk kesehatan bahkan juga bisa menjadi pengobatan. Menurut sejumlah ahli kesehatan berlibur ke pantai baik untuk kesehatan karena :

1. Air laut bersifat Antiseptik

Air laut kaya mineral garam seperti sodium dan iodine sehingga dapat berfungsi sebagai antiseptic. Meski demikian air laut juga bisa mengandung bakteri, terutama di tempat yang banyak terdapat aktivitas manusia. Sehingga apabila seseorang berenang dengan luka terbuka, akan lebih mudah terkena infeksi. Menurut ahli penyakit infeksi dan penyakit infeksi tropis, Profesor Bart Currie, air laut di dekat muara, batu karang, tambang, dan tambak adalah tempat yang biasanya banyak bakteri.

2. Dapat menyembuhkan penyakit kulit

Air laut mengandung komposisi mineral seperti sulfur, magnesium, kalsium, klorida, dan sodium. Oleh karena itu sejak dulu berenang di laut sangat dianjurkan bagi mereka yang memiliki masalah dengan kesehatan kulit seperti eksim dan psoriasis.

Produksi Garam


3. Menghilangkan stress

Sebuah penelitian dari Michigan State University menemukan keterkaitan antara topografi dengan tingkat stress seseorang. Seorang peneliti, Amber L. Pearson mengatakan, lingkungan dengan banyak pemandanga air seperti laut, bisa menekan stress karena warna birunya yang alami. “Peningkatan pemandangan ruang biru secara signifikan berkaitan dengan tingkat tekanan psikologis yang lebih rendah. Akan tetapi kami tidak menemukan hal yang sama pada area ruang hijau,” je