Lomba Pidato Bung Karno 2018 : Semakin Berwarna, Semakin Semarak

Diperbarui: Jan 28

Event tahunan Lomba Pidato Meniru Gaya Bung Karno 2018 telah terselenggara dengan meriah tanpa mengurangi kekhidmatan nya. Berbeda dengan tahun lalu, lomba yang sudah memasuki 4 tahun penyelenggaraannya ini tidak lagi hanya mencakup wilayah Jabodetabek untuk keikutsertaan peserta melainkan sudah menjaring peserta dari sejumlah provinsi di Indonesia, seperti Jawa Timur, Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Barat. Para peserta dari tingkat nasional itulah yang semakin menyemarakkan  penyelenggaraan lomba tingkat nasional ini.


para peserta dari luar jawa tiba di bandara

Mengambil tema “Kembali Pada Ajaran Bung Karno, Kembali Pada Jati Diri Bangsa”. Lomba Pidato ini diselenggarakan oleh Rumah Kebangsaan Pancasila, untuk memperingati 3 hari besar nasional sekaligus yakni HUT Kemerdekaan RI ke-73, Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan. Dalam lomba yang berlangsung semarak namun tetap khidmat, para peserta terlihat bersemangat mengikuti kompetisi yang penilaiannya cukup ketat oleh dewan juri. Dalam balutan setelan bernuansa putih-putih dan hitam putih, seluruh peserta menunjukkan kemampuannya berpidato dengan suara lantang penuh penjiwaan layaknya Proklamator Bung Karno.


peserta lomba pidato beraksi diatas panggung

Tahapan pelaksanaan lomba terdiri dari 2 babak yakni babak penyisihan dan babak grand final. Babak penyisihan diikuti oleh 61 peserta yang telah lolos audisi video pidato. Tema pidato yang dibacakan peserta adalah “Nation And Character Building pada babak penyisihan dan “Bung Karno Sebagai Pemimpin Besar Revolusi, Penyambung Lidah Rakyat” pada babak grand final.