Latihan Dasar Kepemimpinan Bentuk Karakter Positif Siswa

Para siswa yang gemar berorganisasi pasti sudah mengenal kegiatan bernama Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa atau yang biasa disingkat LDKS ini. Kegiatan tersebut sudah menjadi agenda rutin yang dilaksanakan oleh hampir seluruh sekolah menengah baik tingkat pertama maupun tingkat atas bahkan hingga perguruan tinggi. Maka tak heran jika siswa yang tertarik berorganisasi, menunggu-nunggu momentum untuk bisa mengikuti kegiatan yang biasanya sudah terjadwal pelaksanaannya di setiap sekolah itu. Secara umum, LDKS memiliki peran penting dalam membentuk karakter positif siswa.

Di tingkat SMP dan SMA, LDKS merupakan tahap pertama atau syarat yang harus dilalui para siswa dan siswi sebelum menjadi pengurus OSIS. Dalam melaksanakan tugas kepengurusan, diperlukan adanya pembinaan atau latihan dasar untuk para pengurus OSIS agar mereka paham tugas pokok dan tanggung jawab yang diemban.


latihan baris berbaris dalam kegiatan LDKS

Materi dalam kegiatan LDKS untuk tingkat SMP tentunya berbeda tingkat kesulitannya dengan SMA dan perguruan tinggi. Meski demikian saat kegiatan LDKS berlangsung, berbagai tantangan akan dihadapi oleh setiap individu maupun kelompok. Seperti kemampuan siswa dalam kecakapan mental, kemampuan berbicara di depan orang banyak, mengeluarkan pendapat hingga pemikiran mengenai seorang pemimpin yang bijaksana. Kegiatan-kegiatan tersebut diantaranya meliputi games dan PBB (peraturan baris berbaris) yang dipandu oleh instruktur berpengalaman. Para pengurus dan pembina OSIS juga banyak terlibat agar materi dapat sesuai dengan visi sekolah bersangkutan.


apel LDKS siswa SMP

Selama berlangsungnya LDKS, peserta harus memiliki kedisiplinan tinggi serta mengikuti aturan yang sudah ditetapkan, seperti datang dan hadir di setiap sesi kegiatan tepat waktu dan selalu menjaga kebersamaan. Apabila ada yang melanggar, sanksi pun diberlakukan. Setelah kegiatan LDK selesai dilaksanakan, peserta dilantik menjadi pengurus OSIS resmi.

Sementara pada jenjang pendidikan tinggi yakni perguruan tinggi dike