top of page

Konsep Bermain Dan Belajar Dalam kegiatan Outbound Anak

Diperbarui: 4 Okt 2023

Meski dunia anak-anak adalah dunianya bermain, namun ketika sudah mencapai usia sekolah mereka akan disibukkan oleh banyak aktivitas di sekolah. Berada dalam ruangan kelas, memperoleh materi pelajaran dari guru, mengerjakan tugas dan PR akan menjadi rutinitas anak setiap harinya. Maka tak heran banyak anak mengalami kejenuhan dengan proses belajar mereka di sekolah. Padahal proses belajar sebenarnya tidak hanya dilakukan di lingkungan sekolah, tapi bisa dimana saja. Bahkan sambil bermain pun, anak dapat sekaligus menjalankan proses belajarnya. Salah satu kegiatan yang dapat menyeimbangkan proses belajar dan bermain adalah outbound anak.


fun games belajar sambil bermain
Games anak Citra Alam

Outbound anak berisi sejumlah permainan yang disesuaikan dengan usia anak. Permainan tersebut tentunya sangat bermanfaat bagi proses pertumbuhan dan perkembangan anak serta dapat membentuk karakter baik dalam diri mereka. Dengan dipandu para instruktur profesional kegiatan outbound anak akan memberikan manfaat yang efektif. Berikut ini permainan yang termasuk dalam outbound anak secara berurutan (lihat video youtube) :


Ice breaking yang merupakan pemanasan dalam kegiatan outbound anak, berisi sapaan, perkenalan instruktur dengan peserta, serta games kecil untuk melemaskan otot-otot kaki dan tangan

  1. Rangkaian fun games terdiri dari 4-5 permainan. Didalam video, games terdiri dari bulldozer, spiderweb, dan pangeran kegelapan.

permainan joged balon bersama teman
Fun games Citra Alam
  1. Flying Fox, permainan meluncur diatas tali dengan ketinggian tertentu

  2. Tangkap ikan menjadi permainan penutup, dimana outbound anak dapat bergembira bersama teman-temannya sambil menangkap ikan di kolam yang sudah disediakan.  

Kegiatan outbound anak banyak diselenggarakan sekolah-sekolah mulai dari tingkat TK, SD, SMP hingga SMA. Outbound juga menjadi kegiatan untuk mengisi acara-acara tertentu seperti perpisahan sekolah, LDKS, perkemahan pramuka atau ekstrakurikuler. Sementara jenis permainan dalam outbound tersebut tinggal disesuaikan dengan usia atau jenjang pendidikan pesertanya.

Setiap permainan dalam outbound akan membawa anak berada dalam suasana seru dan menyenangkan. Tanpa disadari, mereka dapat belajar mengenai banyak hal dari bermacam-macam permainan tersebut. Mengikutsertakan anak dalam kegiatan outbound dapat memberikan keseimbangan antara proses belajar dan bermain dibutuhkan dalam pertumbuhan dan perkembangannya.   


Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentários

Avaliado com 0 de 5 estrelas.
Ainda sem avaliações

Adicione uma avaliação
bottom of page