Halal Bi Halal : Tradisi Yang Hanya Milik Masyarakat Indonesia

Sebagai sebuah tradisi, halal bi halal kerap dilakukan masyarakat Indonesia saat lebaran tiba. Dalam tradisi yang hanya ada di Indonesia ini, selain bermaaf-maafan baik dengan keluarga, tetangga, kerabat maupun teman, juga dilakukan silaturahmi satu sama lain yang antara lain dilakukan dengan ngobrol, saling bercengkrama, makan bersama atau berlibur bersama.

Arti istilah halal bihalal

Sebagai manusia, sudah pasti kita memiliki banyak sekali dosa kepada orang lain. Dalam perjalanan satu tahun bermasyarakat, dosa kepada para sesama sulit dihindari. Oleh karena itu momen halal bi halal dianggap sangat penting dilakukan untuk meningkatkan mengharmoniskan hubungan kekerabatan serta saling meminta maaf kepada orang lain.


Menyantap hidangan bersama Riverside

Istilah halal bi halal banyak digunakan dalam kegiatan silaturahmi yang bernuansa islam. Hal tersebut sesuai dengan Ensiklopedia Indonesia 1978 yang menyebutkan kata hala bi halal berasal dari bahasa arab yang tidak berdasarkan gramatikanya yang benar sebagai pengganti istilah silaturahmi. Sementara dalam kamus besar bahasa Indonesia berarti bermaaf-maafan setelah menunaikan ibadah puasa Ramadhan, yang biasanya dilakukan di sebuah tempat seperti auditorium, aula dsb, oleh sekelompok orang.

Ragam kegiatan edukatif dalam acara halal bi halal

Secara luas, bertujuan untuk :

Meningkatkan tali silaturahmi antar sesama

Saling maaf-memaafkan antar sesama