Cara Mengatasi Ketergantungan Anak Bermain Gadget

Zaman yang serba canggih seperti sekarang ini muncul berbagai jenis perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi yang bisa terlihat salah satunya munculnya gadget di berbagai kalangan masyarakat baik di pelosok Desa maupun di Kota baik dewasa, tua bahkan anak-anak. Perkembangan ini sangat jauh berbeda dengan zaman dahulu yang mainannya hanya boneka, pelepah pisang yang dipotong-potong kemudian di masak.

Kehidupan saat ini memang sangat jauh berbeda, dimana anak-anak membawa gadget kemana-mana untuk main game bahkan sampai lupa waktu belajar dan lainnya. Sering kita lihat anak-anak berkumpul namun masing-masing sibuk melihat gadgetnya tanpa ada komunikasi dengan yang lain. Sehingga masa kanak-kanak mereka terlewat begitu saja tanpa ada keriangan canda tawanya. Gadget memang benda modern apalagi semua aplikasi dan informasi dapat didapatkan dengan mudah dan sudah tersedia. Tapi perlu di ingat juga bahwa gadget itu tidak selamanya baik untuk perkembangan anak. Lantas, bagaimana cara orangtua mengatasi ketergantungan anak bermain gadget?

Ada baiknya jika orangtua kembali mengajak anak ke dunianya seperti dengan cara memperkenalkan berbagai macam seni dan budaya Bangsa, salah satunya seni batik tulis. Seni batik tulis merupakan salah satu warisan budaya Bangsa Indonesia yang saat ini mulai luntur karena mulai tergeser dengan budaya luar. Anak-anak perlu pemahaman bahwa budaya Indonesia mencerminkan nilai-nilai moral Bangsa dan identitas di tengah-tengah masyarakat. Adapun teknik-teknik dalam pembuatan seni batik tulis adalah sebagai berikut:

Pencoretan (Menggambar pola batik)


Pencoletan


Pewarnaan kain


 Plorodan


Dengan mengajak mereka berkegiatan di atas serta mengetahui teknik-tekniknya  tentunya menjadi solusi baik bagi anak dalam mengatasi ketergantungan anak bermain gadget dan menjadi cara untuk melestarikan salah satu warisan budaya Indonesia.

#senibatiktulis #teknikmembatik

0 tampilan0 komentar

Kontak

  • Office : (021) 7310249 

  • Call WA : 6281383210355

  • Chat WA : 6281320654829

  • info@citraalam.id

  • https://citraalam.id

  • Ruko Pondok Aren Plaza Kav. 13 & 14, Jl. Raya Pd. Aren No. 51. Pondok Aren, Tangerang Selatan

Social Media

© 2021. CV. Citra Clay Development