Apa Beda Outing, Outbound dan Gathering?

Konsep ‘Back to Nature’ atau kembali ke alam kini sudah semakin banyak digunakan untuk berbagai hal. Mulai dari ragam kuliner, fashion, properti, interior, sampai pada cara pendidikan dan pengajaran. Tujuannya adalah untuk menjaga keseimbangan dalam kehidupan di tengah kemajuan teknologi yang semakin mungkin mewujudkan semua menjadi serba instan.

contoh konsep kembali ke alam

Dalam artikel ini kita akan bicarakan tentang bagaimana cara pendidikan dan pengajaran  yang menggunakan konsep tersebut. Penerapan back to nature pada cara pendidikan dan pengajaran diwujudkan dalam aktivitas maupun kegiatan yang dilakukan di alam terbuka. Saat ini, menggelar kegiatan di alam terbuka sudah semakin digemari masyarakat dari berbagai kalangan dan usia. Baik anak-anak, remaja, maupun dewasa sudah mengenal semua jenis kegiatan yang dilakukan di alam terbuka.

Di lingkungan sekolah, kegiatan seperti outing class, field trip, study tour, science camp, dan LDKS banyak digelar di alam terbuka. Bahkan acara perpisahan sekolah yang biasanya berlangsung di dalam gedung pertemuan, sudah beralih ke luar ruangan dengan berbagai aktivitas seperti outbound.

Kegiatan di alam terbuka yang banyak diselenggarakan oleh  masyarakat umum dan lingkungan perusahaan dapat berupa outing, gathering dan outbond. Meski sudah kian digemari, belum banyak yang mengetahui apa persamaan dan perbedaan dari kegiatan outing, gathering dan outbound. Melalui tulisan ini mungkin akan memberikan pemahaman mengenai definisi beserta jenis-jenis dari ketiganya sehingga dapat berguna juga bagi anda yang ingin menyelenggarakan kegiatan tersebut.

makan bersama dalam acara gathering

Outing

Program Outing merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh umum, perusahaan maupun sekolah yang bersifat menyenangkan atau rekreasi di alam terbuka sebagai sarana hiburan untuk meningkatkan keakraban. Biasanya outing diisi dengan acara bebas atau permainan ringan yang tidak terlalu berat secara fisik, pikiran dan emosional. 

Seperti karaoke, bakar jagung, dll. Jika menginap, kebanyakan menggunakan hotel atau villa. Tempat yang dituju seperti daerah pegunungan, pantai, atau tempat-tempat rekreasi.