top of page

8 Permainan Team Building Paling Banyak Dipilih

Diperbarui: 27 Mar

Menggelar outbound untuk karyawan membutuhkan pemilihan kegiatan serta lokasi yang tepat, agar tujuan maupun target yang ingin dicapai dapat terlaksana dengan baik. Pemilihan kegiatan salah satunya mencakup jenis permainan termasuk permainan team building. 


Lalu bagaimana cara memilih kegiatan yang tepat dalam program outbound?

Biasanya permainan team building terdiri dari permainan yang menguji keberanian serta permainan untuk kekompakan atau kerja sama tim (team building). Jika target pelaksanaan outbound untuk meningkatkan kerja sama tim, maka ada beberapa jenis permainan yang dipilih haruslah sesuai.

Berikut ini 8 permainan team building yang banyak dipilih :


1. Hujan Salju

permainan kerjasama tim hujan salju

Permainan yang membuat suasana kebersamaan menjadi penuh tawa ini dimainkan oleh sekitar 8-10 di setiap kelompoknya. Semua berbaris memanjang ke belakang, dimana peserta terdepan mengambil tepung yang tersedia dengan menggunakan kedua telapak tangannya. Selanjutnya terigu tersebut dioper ke belakang secara estafet melalui atas kepala. Saat memindahkan tepung, peserta tidak boleh menoleh ke belakang. Kelompok dengan jumlah tepung terbanyak yang berhasil dipindahkan akan menjadi pemenang. Permainan outbound hujan salju ini melatih fokus, kerjasama, dan team building.  


2. Dragon Ball 

permainan kerjasama tim dragon ball

Permainan team building yang tergolong low impact ini mengharuskan setiap peserta dalam kelompok memasukkan air ke dalam pipa berlubang yang berisi bola. Karena terdapat banyak lubang pada pipa, air pasti akan mudah keluar melalui lubang tersebut sehingga sulit untuk memenuhi pipa dalam waktu singkat. Untuk itu dibutuhkan kerja sama yang baik diantara peserta dalam menyelesaikan permainan. Komunikasi dan kekompakkan juga menjadi hal yang penting.


Citra Alam

3. Tarik  Tambang Lumpur

permainan kerjasama tim tarik tambang lumpur

Cara bermainnya sama dengan permainan tarik tambang yang biasa dilakukan. Perbedaannya hanyalah permainan ini dilakukan di dalam kolam lumpur. Dengan demikian tantangan yang harus dihadapi peserta di setiap kelompoknya semakin besar. Mereka harus menjaga keseimbangan saat menarik tambang, agar tidak terjatuh ke dalam lumpur.  Disinilah perlunya kerjasama yang di setiap tim. Jika tim bisa memainkan strategi tertentu untuk mengalahkan lawan,  maka tersebut akan memenangkan permainan. 


4. Robot A

Permainan kerjasama tim Robot A

Permainan ini dilakukan oleh setiap tim yang berjumlah sekitar 5-8 orang dengan media bambu dan tali yang diikat dalam 5 titik sudut sampai membentuk huruf A. Satu orang dalam setiap kelompok berdiri diatas bambu tersebut dan bertugas menyeimbangkan permainan dengan dibantu teman-teman dalam kelompoknya. Tim yang berhasil memindahkan robot A ke garis finish lebih dulu, dia lah pemenangnya. Permainan yang membutuhkan area luas seperti lapangan ini bermanfaat melatih keberanian untuk mengambil keputusan, percaya dengan kawan serta kerjasama.


5. Bulldozer

permainan kerjasama tim bulldozer

Selama permainan, setiap peserta dalam team mengambil tempat masing-masing di dalam karpet/terpal plastik yang disediakan. Karpet dipegang oleh kedua tangan peserta dan pemimpin tim memberi komando untuk melakukan gerakan maju secara bersamaan. Para peserta bertanggung jawab menjaga posisi tetap diatas karpet selama melakukan pergerakan cepat dan tanpa kesalahan. Jika ada seorang pemain kakinya keluar dari karpet maka permainan dianggap gagal. Permainan outbound buldozer berguna untuk melatih kekompakan team, belajar memimpin, berinteraksi serta menyamakan pandangan.


citra alam

6. Mencari Bola Mas

permainan kerjasama tim mencari bola mas

Permainan yang berguna memupuk rasa saling percaya terhadap teman serta meningkatkan soliditas tim ini, menggunakan banyak bola berwarna-warni. Bola tersebut diletakkan dalam arena berbentuk persegi empat yang dibatasi oleh tali. Beberapa peserta dalam setiap kelompok ditutup matanya, untuk mengambil bola dengan warna tertentu di dalam arena, sesuai instruksi. Sementara teman-teman lainnya menggerakkan letak bola yang akan diambil. Permainan ini rawan kecurangan, karena saat mengambil bola dalam arena, peserta yang ditutup matanya bisa mengintip dari balik penutup matanya. Oleh karena itu, perlu ketegasan instruktur, agar seluruh peserta dapat bermain sportif.


7. Transfer air

permainan tim transfer air

Dalam permainan ini setiap kelompok harus memindahkan air dari ember besar dengan menggunakan ember kecil berlubang melalui atas kepala masing-masing. Pemindahan air dilakukan secara estafet dari depan ke belakang. Kelompok yang menjadi pemenang adalah yang berhasil memindahkan air lebih banyak. Permainan ini bahkan menjadi pilihan peserta outbound yang merupakan rehabilitan RSKD Duren Sawit. Mereka mengikuti permainan ini dengan gembira, sehingga suasana outbound menjadi seru dan menyenangkan.


8. Pangeran Kegelapan


permainan tim pangeran kegelapan

Ke-8 permainan kerjasama tim diatas merupakan yang paling banyak dipilih dalam outbound, dan dianggap efektif memberikan manfaat bagi soliditas, kebersamaan serta kerjasama tim. Dengan mengetahui  8 permainan itu akan mempermudah anda untuk menggelar outbound sesuai dengan target yang ingin dicapai.


Jika ingin melaksanakan Kegiatan Outbound, baik itu untuk Perusahaan, Sekolah ataupun umum, anda bisa langsung menghubungi kami disini !


Atau pelajari lebih lanjut disini !




14.203 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page