7 Permainan Team Building Untuk Soliditas Team

Diperbarui: Feb 4

Team Building merupakan kegiatan bersama dari berbagai jenis aktifitas yang bertujuan untuk memperkuat hubungan tim, yang sering kali melibatkan berbagai urusan atau tugas-tugas kolaboratif. Bisa dibilang Team Building adalah salah satu pondasi utama yang diperlukan untuk memperbaiki atau membangun kinerja kelompok dalam menyelesaikan pekerjaan dan mencapai sebuah target maupun tujuan perusahaan atau organisasi.

Agar goal pekerjaan dapat tercapai perlu sensitivitas dan fleksibilitas dalam bekerja sama. Karena adanya perbedaan karakter setiap anggotanya, bukan hal yang mudah untuk membangun soliditas tim.

Kami di Citra Alam punya banyak permainan yang sering kali dimainkan untuk tujuan team building — dari pengalaman sembilan tahun menggelar event team bulding.

Berikut ini 7 permainan yang biasanya kami mainkan untuk memfasilitasi tim anda dalam membangun kerjasama dan soliditas tim:

1. Ice Breaking

Kegiatan Outbound Superindo

Seperti namanya, yang berarti pemecah kebekuan, permainan ini berguna untuk menghilangkan ketegangan peserta. Tujuannya adalah menstimulus antusiasme (pemanasan) bagi peserta, agar siap mengikuti seluruh kegiatan berikutnya. Permainan yang sangat dikenal di dunia pelatihan (training), outbound, workshop dan sejenisnya ini, terdiri atas pencanangan komitmen kegiatan (goal setting), pembagian kelompok, juga soliditas kelompok. Ice breaking biasanya diisi dengan beberapa permainan yang mengundang tawa, namun tetap mengajak pesertanya untuk berkonsentrasi mengikuti arahan dari instruktur.

2. Dragon Ball

permainan yang paling seru saat di pantai

Merupakan salah satu contoh permainan outbound low impact games dan termasuk dalam jenis permainan team building. Dalam permainan ini, peserta yang sudah terbagi dalam kelompok, memasukkan air ke dalam pipa berlubang yang berisi bola. Karena terdapat banyak lubang pada pipa, air pasti akan keluar melalui lubang tersebut. Tugas peserta lain adalah harus menutup lubang-lubang itu dengan tangan, supaya