top of page
Gambar penulisNasionalisme Indonesia

6 Cara Unik Memperkenalkan Alam Pada Anak

Bumi merupakan tempat dimana manusia bisa tinggal dan menjalankan segala aktivitasnya. Di bumi manusia bisa memilih tempat-tempat yang strategis, Bumi memiliki kandungan alam dengan berbagai kekayaan, baik dari segi sumber daya alam maupun keindahan alam yang dimiliki. Alam merupakan tempat yang aman dan nyaman untuk berkegiatan didukung dengan beberapa musim. Khususnya di Indonesia yang dikategorikan sebagai Negara Tropis. Negara yang beriklim tropis hanya memiliki dua musim saja yaitu musim hujan dan kemarau. Indonesia menempati urutan ke 9 dalam urutan Negara yang memiliki hutan terluas di dunia. Berbagai macam tumbuhan alam, tumbuhan apotek hidup, berbagai macam bunga dengan warna-warni yang sangat indah, dan berbagai macam hewan baik dari darat maupun laut.


Itulah alasan kenapa anak-anak lebih menyukai kegiatan yang berhubungan dengan alam. Karena bila berinteraksi secara langsung dengan alam anak mampu mengembangkan daya intelektualitas dan kemandiriannya. Berinteraksi langsung dengan alam dapat meningkatkan hubungan sosial, keramahan terhadap lingkungan, menumbuhkan rasa percaya diri dan keberanian serta udara yang masih segar penting untuk kesehatan anak.

Berikut ini terdapat 6 cara unik dalam memperkenalkan alam pada anak:

1. Wisata edukasi


Wisata edukasi merupakan alternatif pendidikan dengan memanfaatkan alam sebagai media pembelajaran yang aktif dan efektif karena alam terbuka merupakan tempat yang tidak terbatas. Anak bisa berekspresi sebebas mungkin sehingga pembelajaran seperti ini tidak membuat anak cepat bosan. Dengan berinteraksi langsung dengan alam anak akan lebih bersemangat dan proses belajar menjadi seru juga menyenangkan sehingga anak akan lebih aktif karena  prgram pembelajaran yang tidak monoton dan didukung oleh lingkungan yang nyaman, strategis, serta asri membuat anak lebih mudah dalam menerima materi yang disampaikan.

2. Berkebun


Mengapa berani kotor itu baik? sebagian orang beranggapan bahwa kotor itu harus dijauhi atau dihindari. Bisa dikatakan bahwa kotor itu sebagai penyebab datangnya penyakit. Namun, tidak semua yang kotor itu mendatangkan penyakit  atau sesuatu yang kotor selalu berdampak negatif. Contohnya berkebun. Berkebun merupakan cara yang paling unik dan menarik bagi anak-anak karena anak akan berinteraksi secara langsung dengan tanah, tumbuhan, dan air. Selain itu, anak akan mengenal berbagai jenis tumbuhan alam. Anak mempunyai sifat rasa ingin tahu yang besar maka dari itu anak merasa sangat senang apabila dapat berkebun atau bercocok tanam. Berkebun juga dapat melatih kemampuan motorik dasar pada anak yang melatih anak menanam tanaman, menggali tanah, dan menyirami tanaman dengan air.

3. Beternak


Selain memperluas pengetahuannya, anak-anak pasti akan menikmati aktivitas seperti memberi pakan ternak dan belajar berbagai macam produk ternak. Dengan memperkenalkan anak pada hewan berarti memberi kesempatan pada anak-anak untuk dapat  melihat, meraba, bahkan mencium hewan ternak secara langsung. Disini anak akan belajar bagaimana cara membudidayakan ikan, memerah susu sehingga dapat menumbuhkan rasa cinta dan tanggung jawab terhadap makhluk lainnya.

4. Berkemah


Salah satu cara pengenalan alam pada anak adalah dengan mengajak anak berkemah di alam terbuka. Hal ini pastinya sangat disukai anak-anak apalagi jika dilakukan bersama keluarga. Pada saat berkemah anak akan mengenal berbagai macam tumbuhan alam, hewan dan serunya kegiatan api unggun sekaligus dapat merasakan sensasi tidur didalam tenda ditemani suara-suara alam, melihat indahnya cahaya bulan dan bintang-bintang yang bertaburan dilangit. Berkemah dapat mendidik anak supaya lebih mandiri dan lebih peka terhadap lingkungan sekitar. Kegiatan ini sangat baik untuk perkembangan kepribadian anak. Untuk mendapatkan kenyamanan pada saat berkemah, cari bumi perkemahan yang ramah untuk anak dan pastikan kondisi fisik dan mental anak siap mengikuti kegiatan ini.

5. Outbound Bersama Keluarga


Kegiatan Outbound merupakan kegiatan yang saat ini banyak digemari banyak orang mulai dari kalangan anak sampai orang dewasa sering mengadakan kegiatan ini untuk mengatasi kejenuhan dalam beraktivitas. Kegiatan ini merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk memperkenalkan alam pada anak. Selain, menyenangkan aktivitas ini melibatkan aktivitas fisik dan berbagai permainan yang menambah semangat anak. Selain melatih kemampuan motorik, melakukan outbound bersama-sama akan meningkatkan keterampilan anak, mengajarkan anak tentang kekompakan dalam kerja sama, serta menumbuhkan rasa percaya diri untuk tumbuh kembang anak.

Anda dapat mengajak anak melakukan kegiatan outbound supaya anak dapat berinteraksi secara langsung dengan alam. Beberapa tempat yang dapat anda gunakan dalam kegiatan outbound misalnya area persawahan, aliran sungai yang banyak bersentuhan dengan air dan lumpur. Dengan begitu, tidak hanya mengenalkan alam pada anak, anak pun akan menikmati waktu bersama keluarga dengan cara menyenangkan.

6. Hiking


Seiring perkembangan zaman hiking bukan hanya dilakukan oleh orang dewasa saja namun anda bisa mengajak si kecil ikut merasakan sensasi mendaki gunung. Selain, sebagai cara untuk memperkenalkan alam pada anak kegiatan ini dapat membantu menumbuhkan rasa percaya diri, mengajarkan kesabaran, keberanian, dan yang pasti anak semakin cinta dengan lingkungan. Namun, tetap saja kegiatan ini membutuhkan kesiapan fisik dan mental si kecil untuk beradaptasi pada lingkungan yang cukup menantang. Disini anak juga akan belajar mengenal udara dingin, panas, dan anak bisa bermain dengan air dan tanah.

Inilah 6 cara yang dapat anda coba untuk memperkenalkan alam kepada anak  !!

4 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

תגובות


bottom of page