• Diniarini Citraalam

Tips Tetap Semangat Berpuasa Ramadhan Di Tengah Pandemi

Diperbarui: Apr 14

Syukur tak terkira atas karunia Allah SWT yang masih memberikan kita kesempatan untuk beribadah di bulan Ramadhan tahun ini. Meski masih ditengah pandemi Covid 19, namun Ramadhan 2021 sudah lebih baik dari tahun 2020 yang dalam kondisi darurat dan semua serba dibatasi. Dalam Ramadhan 1442 H ini, sudah diperbolehkan beribadah di luar rumah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Penting untuk melakukan beberapa persiapan sebelum menjalani ibadah wajib umat Islam di seluruh dunia ini. Dengan melakukan sejumlah persiapan ini, anda akan selalu bersemangat untuk menjalankan seluruh ibadah selama Ramadhan. Berikut ini tipsnya :

1. Mempersiapkan daftar menu makanan sehat. Makan makanan sehat tentu saja tak hanya diterapkan saat Ramadhan, tetapi harus menjadi kebutuhan utama sehari hari karena sangat diperlukan tubuh. Jadikan Ramadhan sebagai upaya perbaikan pola makan, baik dari segi waktu maupun asupan nutrisi yang dikonsumsi. Disarankan untuk mengurangi asupan kalori dengan cara mengganti sajian berkadar lemak tinggi dengan asupan protein agar tetap merasa kenyang.

Dianjurkan mengonsumsi lebih banyak protein saat puasa
bermacam makanan tinggi protein

2. Perbanyak minum air putih. Gunanya adalah untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi selama berpuasa. Dianjurkan untuk menambah 2 gelas air putih saat sahur dan berbuka puasa. Selain air putih, mengonsumsi buah dan sayuran juga bisa mencegah dehidrasi selama berpuasa.

3. Mengurangi cemilan dan minum kopi. Sulit memang untuk menghentikan kebiasaan ngemil dan minum kopi. Apalagi bagi orang-orang yang membutuhkan fokus dan konsentrasi dalam pekerjaannya sehari-hari. Selama berpuasa 1 bulan penuh, kebiasaan itu sebaiknya dikurangi. Ada cara atau panduan tertentu untuk tetap mengonsumsi kopi selama berpuasa.

Kurangi minum kopi selama berpuasa

4. Menjaga kebersihan peralatan dan tempat makan. Selama Ramadhan yang masih ditengah pandemi, tempat makan yang paling aman adalah di rumah. Namun karena saat ini sudah banyak masyarakat yang melakukan aktivitas di luar rumah, maka tetap harus diperhatikan kebersihan tempat dan peralatan makan. Disarankan untuk tetap membawa peralatan makan sendiri dari rumah dan selalu membawa tisue kering atau tisue basah. Jika harus makan di luar rumah, penting untuk selalu memperhatikan kebersihan makanannya.

menjaga kebersihan peralatan makan selama pandemi

5. Menjaga kebersihan peralatan ibadah. Dengan sudah diperbolehkannya beribadah di luar rumah pada Ramadhan 2021, protokol kesehatan tetap harus diterapkan. Salah satunya adalah membawa perlengkapan sholat sendiri. Jadi, pastikan semua sudah dicuci dan dibersihkan agar selalu merasa aman saat beribadah.

6. Perbaiki pola dan kualitas tidur. Berpuasa di bulan Ramadhan akan mengubah pola tidur karena adanya jadwal sahur di jam 2 atau 3 dinihari. Siasati lah dengan tidur lebih awal dan pasang alarm agar tidak terlambat sahur. Waktu sahur yang cukup menghindari makan dengan terburu-buru sehingga baik untuk organ pencernaan.