Teknik Mendirikan Tenda Dome

Camping merupakan kegiatan menyenangkan yang dilakukan di alam bebas. Kegiatan ini umumnya dilakukan untuk refreshing dari ramainya perkotaan dan dari segala aktivitas sehari-hari dengan menikmati keindahan alam saat menginap di lokasi perkemahan saat menggunakan tenda. Camping menjadi salah satu kegiatan yang paling ditunggu oleh banyak orang apalagi dalam kegiatan pramuka karena disini karakter dan teknik-teknik pramuka dapat diterapkan secara langsung. Keseruan dari kegiatan Camping adalah ketika tidur beratapkan langit sehingga saat Camping sangat perlu untuk mengetahui teknik-teknik dalam mendirikan tenda.

Citra Alam merupakan tempat wisata edukasi yang sering menyelenggarakan kegiatan Camping Ground. Dalam kegiatan ini Citra Alam memilih menggunakan tenda jenis dome. Lantas, apa saja keunggulan dari tenda dome itu sendiri? Tenda dome adalah salah satu jenis tenda yang biasa digunakan untuk kegiatan Camping. Dari banyaknya jenis tenda Camping, ternyata banyak pecinta alam yang memilih menggunakan tenda dome dibanding jenis tenda lainnya. Adapun keunggulan dari jenis tenda dome adalah tenda dome mempunyai ukuran sedang dengan kapasitas 6-7 anak atau 4-5 orang dewasa. Bahan dan berat bebannya pun ringan sehingga mudah dibawa kemana-mana. Tenda dome juga dilengkapi dengan alas bagian luar sehingga aman saat musim hujan. Adapun bagian-bagian dari tenda dome sebagai berikut:

  1. Flysheet (Layer Atas)

  2. Alas Terpal (Layer Bawah/Dalam)

  3. Frame

  4. Pasak

  5. Tali

Disini penulis akan berbagi teknik-teknik mendirikan tenda dome Citra Alam:

Bentangkan kain terpal di atas permukaan tanah.


Pertama-tama bentangkan terpal di permukaan tanah yang akan didirikan tenda. Namun, jangan lupa untuk memberi alas pada daerah yang akan didirikan tenda dengan plastik atau kain terpal sebagai pembatas kelembapan antara tanah dengan tenda. Penggunaan terpal  sangat bermanfaat untuk menjaga kelembapan tanah agar tidak mencapai alas tenda sehingga lantai tenda tidak akan basah dan lembap. Apalagi jika Camping di musim hujan, tentunya anda merasa lebih tenang karena lantai tenda tidak akan basah. Kemudian lipatlah kain terpal sesuai dengan ukuran tenda anda, namun luasnya sedikit lebih kecil dari luas tenda. Hal ini dilakukan agar ujung-ujung kain terpal tidak muncul dari bawah tenda saat hujan turun.

Periksa semua perlengkapan tenda.


Sambungkan tiang rangka tenda.


Masukkan tiang rangka ke dalam selubung luar tenda.


Dirikan tenda.


Pasangkan pasak pada tenda .


Pasang  pelapis luar tenda.


Setelah tenda berdiri, lipatlah ujung-ujung kain terpal dan selipkan ke bawah tenda anda untuk memastikan bahwa tidak ada kain terpal yang tersembul keluar dari bawah tenda. Kain terpal yang masih terbuka di luar tenda dapat menyebabkan air tergenang di sekitar tenda jika hujan turun. Oleh karena itu, pastikan tidak ada kain terpal yang masih terbuka di sekitar tenda anda.

Inilah teknik mendirikan tenda dome di Citra Alam. Bagaimana, mudah bukan? Untuk lebih jelasnya lihatlah tayangan video Citra Alam berikut ini.


Link:

  1.    https://id.wikihow.com/Mendirikan-Tenda-Dome

#tendadome

1 tampilan0 komentar

Kontak

  • Office : (021) 7310249 

  • Call WA : 6281383210355

  • Chat WA : 6281320654829

  • info@citraalam.id

  • https://citraalam.id

  • Ruko Pondok Aren Plaza Kav. 13 & 14, Jl. Raya Pd. Aren No. 51. Pondok Aren, Tangerang Selatan

Social Media

© 2021. CV. Citra Clay Development