top of page

Teknik Mendirikan Tenda Dome

Diperbarui: 27 Mar


citra alam

Camping merupakan kegiatan menyenangkan yang dilakukan di alam bebas. Kegiatan ini umumnya dilakukan untuk refreshing dari ramainya perkotaan dan dari segala aktivitas sehari-hari dengan menikmati keindahan alam saat menginap di lokasi perkemahan saat menggunakan tenda. Camping menjadi salah satu kegiatan yang paling ditunggu oleh banyak orang apalagi dalam kegiatan pramuka karena disini karakter dan teknik-teknik pramuka dapat diterapkan secara langsung. Keseruan dari kegiatan Camping adalah ketika tidur beratapkan langit sehingga saat Camping sangat perlu untuk mengetahui teknik-teknik dalam mendirikan tenda.


Citra Alam merupakan tempat wisata edukasi yang sering menyelenggarakan kegiatan Camping Ground. Dalam kegiatan ini Citra Alam memilih menggunakan tenda jenis dome. Lantas, apa saja keunggulan dari tenda dome itu sendiri? Tenda dome adalah salah satu jenis tenda yang biasa digunakan untuk kegiatan Camping. Dari banyaknya jenis tenda Camping, ternyata banyak pecinta alam yang memilih menggunakan tenda dome dibanding jenis tenda lainnya. Adapun keunggulan dari jenis tenda dome adalah tenda dome mempunyai ukuran sedang dengan kapasitas 6-7 anak atau 4-5 orang dewasa. Bahan dan berat bebannya pun ringan sehingga mudah dibawa kemana-mana. Tenda dome juga dilengkapi dengan alas bagian luar sehingga aman saat musim hujan. Adapun bagian-bagian dari tenda dome sebagai berikut:

  1. Flysheet (Layer Atas)

  2. Alas Terpal (Layer Bawah/Dalam)

  3. Frame

  4. Pasak

  5. Tali


citra alam riverside

Disini penulis akan berbagi teknik-teknik mendirikan tenda dome Citra Alam:


Bentangkan kain terpal di atas permukaan tanah.


Sebelum anda mendirikan tenda terlebih dahulu pilihlah tempat yang terbuka, datar, dan cukup luas agar anda dapat memasang tenda. Posisikan pintu tenda berlawanan arah dengan datangnya angin, ini akan membuat tenda tidak menggelembung dan memberikan tekanan pada pasak. Pastikan tenda terbebas dari sengatan matahari langsung, hal ini akan memudahkan anda untuk mengantisipasi datangnya cahaya matahari di pagi hari. Di musim panas, suasana tenda sangat panas, dapat membuat anda berkeringat dan mudah marah, jika anda mendirikan tenda tepat menghadap terbitnya matahari. Penempatan tenda yang pas akan membuat anda tetap berada dalam suasana teduh di pagi hari sehingga anda bisa bangun tidur dengan nyaman.

Pertama-tama bentangkan terpal di permukaan tanah yang akan didirikan tenda. Namun, jangan lupa untuk memberi alas pada daerah yang akan didirikan tenda dengan plastik atau kain terpal sebagai pembatas kelembapan antara tanah dengan tenda. Penggunaan terpal  sangat bermanfaat untuk menjaga kelembapan tanah agar tidak mencapai alas tenda sehingga lantai tenda tidak akan basah dan lembap. Apalagi jika Camping di musim hujan, tentunya anda merasa lebih tenang karena lantai tenda tidak akan basah. Kemudian lipatlah kain terpal sesuai dengan ukuran tenda anda, namun luasnya sedikit lebih kecil dari luas tenda. Hal ini dilakukan agar ujung-ujung kain terpal tidak muncul dari bawah tenda saat hujan turun.

Periksa semua perlengkapan tenda.


Siapkan semua rangka tenda dan periksa semua rangka-rangka tenda untuk memastikan bahwa semua rangka yang digunakan untuk mendirikan tenda sudah lengkap, dan pastikan seluruh rangka tenda dalam kondisi baik. Karena anda tidak dapat mendirikan tenda jika salah satu dari tiang rangka patah atau hilang. Oleh sebab itu, ada baiknya anda memastikan terlebih dahulu bahwa rangka tenda anda sudah lengkap.


Sambungkan tiang rangka tenda.


Setelah semua rangka tenda lengkap kemudian sambunglah tiang rangka tenda biasanya memiliki panjang sekitar 1,85 sampai 3 meter, dengan setiap segmen tiang telah saling tersambung satu sama lain melalui semacam pipa konektor logam (atau jika menggunakan sekrup, sekrup telah terkunci). Penyambungan tiang tenda akan berbeda-beda, tergantung pada jenisnya, namun kebanyakan jenis tenda modern memiliki tiang rangka tenda yang telah tersambung dengan kabel elastis sehingga anda dapat langsung menyatukan setiap segmen tiang dengan mudah. Setelah anda selesai menyambungkan setiap segmen dari masing-masing tiang rangka, letakkan seluruh tiang rangka yang telah tersambung di atas permukaan tanah yang akan didirikan tenda.


citra alam riverside

Masukkan tiang rangka ke dalam selubung luar tenda.


Sebelum anda memasukkan tiang rangka ke dalam selubung tenda, terlebih dulu bentangkan tenda di atas kain terpal, kemudian letakkan tiang-tiang rangka tenda di atas kain tenda dalam posisi menyilang untuk memastikan masing-masing tiang rangka dimasukkan ke dalam selubung luar yang sesuai. Kebanyakan tenda-tenda sederhana memiliki pola rangka memanjang yang membentuk huruf “X” saat dilihat dari atas. Setelah anda yakin bahwa setiap tiang rangka telah sesuai dengan selubungnya, masukkan tiang rangka ke dalam selubung luar tenda. Lakukan hal yang sama pada tiang rangka yang lain.


Dirikan tenda.


Setelah semua terpasang segera dirikan tenda dome, anda perlu setidaknya 4 orang untuk membantu anda agar tenda berdiri. Caranya 2 orang berdiri memposisikan tiang yang sudah disiapkan di depan dan di belakang tenda. Saat tenda sudah berdiri, bersiaplah untuk menarik ujung tali secara bersamaan pada ke-empat sudut tenda. Kemudian ikatlah tali yang ada di kedua sudut tenda yang ada di kanan dan di kiri. Tarik secara kuat dan bersamaan serta ikatlah dengan simpul yang benar dan kuat.


Pasangkan pasak pada tenda .


Pada tenda biasanya terdapat semacam simpai kecil atau eyelet (lubang yang terbuat dari cincin logam) yang berada baik di setiap ujung luar tenda maupun di bagian tengah dari setiap sisi luar tenda. Simpai atau penyemat itu dapat anda gunakan untuk menambatkan tenda ke tanah. Masukkan pasak ke dalam simpai atau eyelet, kemudian tancapkan pasak ke dalam tanah. Pentingnya memasang pasak pada tenda agar tenda tidak terbawa angin jika ada angin bertiup kencang.


citra alam riverside

Pasang  pelapis luar tenda.


Setelah tenda sudah berdiri dengan sempurna bentangkan pelapis luar di atas tenda kemudian pasangkan pada tenda anda. Pada beberapa tenda, pelapis luar dapat dipasangkan pada tenda dengan menempelkan lembaran velcro yang ada pada pelapis luar dan kain tenda. Sementara itu pada tenda-tenda yang lain, pelapis luar dipasang pada tenda dengan menggunakan kawat elastis yang diikatkan pada pasak. Hal ini akan menyelamatkan anda saat turun hujan.

Setelah tenda berdiri, lipatlah ujung-ujung kain terpal dan selipkan ke bawah tenda anda untuk memastikan bahwa tidak ada kain terpal yang tersembul keluar dari bawah tenda. Kain terpal yang masih terbuka di luar tenda dapat menyebabkan air tergenang di sekitar tenda jika hujan turun. Oleh karena itu, pastikan tidak ada kain terpal yang masih terbuka di sekitar tenda anda. Inilah teknik mendirikan tenda dome di Citra Alam. Bagaimana, mudah bukan? Untuk lebih jelasnya lihatlah tayangan video Citra Alam berikut ini.


Mau Camping sambil belajar untuk mendirikan tendanya ? ke Citra Alam Aja ! Ayo hubungi kami disini !

Link:

3.449 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page