Sukses Gelar Outbound Berkualitas

Diperbarui: Jan 28

Meningkatkan kualitas sumber daya manusia dapat dilakukan dengan berbagai cara. Dalam dunia kerja, upaya meningkatkan kualitas SDM salah satunya dapat dilakukan dengan menggelar training secara outdoor atau di luar ruangan, melalui kegiatan outbound. Oleh karena tujuannya adalah meningkatkan kualitas SDM, maka kegiatan outbound yang terselenggara juga harus berkualitas. Lalu apa saja yang dibutuhkan untuk menggelar outbound berkualitas?

Tim Penanggung Jawab Acara Untuk menyusun acara berkualitas butuh sebuah tim dengan jumlah anggota yang disesuaikan dengan kebutuhan. Selain menyusun acara, tim juga bertugas meyakinkan atasan agar menyetujui diadakannya kegiatan tersebut, membuat segala persiapannya, serta mengatur seluruh acara agar berjalan dengan baik.

Anggaran Hal yang paling penting dalam penyelenggaraan sebuah kegiatan adalah anggaran. Kegiatan dengan anggaran besar tidak selalu bisa berjalan dengan lancar dan lebih berkualitas. Sebaliknya, jumlah anggaran yang tidak terlalu besar pun apabila dikelola dengan tepat dan cermat bisa menghasilkan kegiatan berkualitas.

Penentuan Waktu dan Lokasi Tergantung kebutuhan apakah anda akan menentukan waktu kegiatan atau lokasi kegiatan terlebih dulu. Namun pastikan anda punya waktu yang cukup (setidaknya 1 bulan) untuk perencanaan dan persiapan sebelum hari H kegiatan. Jika waktu pelaksanaan kegiatan yang lebih dulu ditentukan, anda juga harus menyesuaikan dengan anggaran apakah memadai untuk kegiatan dengan jumlah peserta yang direncanakan. Pendapat seluruh karyawan atau perwakilan divisi seringkali diperlukan dalam menentukan waktu dan lokasi kegiatan ini.

Banyak tempat yang menawarkan kegiatan di alam terbuka dengan berbagai wahana yang menyenangkan dan menantang, tetapi harga akan lebih murah dan terjangkau jika sistem penawarannya berupa paket kegiatan yang sudah mencakup tiket masuk, biaya sewa tempat, konsumsi, serta kegiatan apa saja yang ada didalamnya.

Tema dan Susunan Acara Menggelar kegiatan outbound sebaiknya tidak hanya sebagai sarana untuk liburan atau hiburan semata, melainkan ada maksud dan tujuan didalamnya. Itulah mengapa sebuah tema dianggap penting. Setidaknya ada 3 alasan pentingnya ditentukan