top of page

Solusi Menarik Untuk Kegiatan Belajar Anak TK/RA

Bagaimana menjadikan belajar sebagai kegiatan yang menarik dan menyenangkan? Jawabannya dengan melakukan kegiatan diluar ruangan, kenapa harus diluar ruangan? Karena anak akan beraktivitas secara bebas ketika di alam terbuka. Selalu didalam ruangan seringkali menimbulkan rasa jenuh, malas juga bosan ada baiknya jika seorang guru mengajak siswanya sekali-kali pergi ke wisata edukasi karena guru adalah orang yang bertanggung jawab dalam memberikan rasa aman dan nyaman.

Dalam rangka menambah wawasan dan pengetahuan siswa-siswi TK sering mengadakan kegiatan di Citra Alam. Citra Alam merupakan wahana yang menyelenggarakan berbagai kegiatan dengan konsep edukasi yang diracik semenarik mungkin sekaligus menyenangkan. Bermain adalah kebutuhan dari seorang anak sedangkan belajar adalah hak anak bukan kewajiban, materi pelajaran dapat disampaikan dalam suasana yang menyenangkan yaitu dengan bermain.


Udara yang sejuk membuat siswa-siswi semakin antusias dalam mengikuti kegiatan yang telah diselenggarakan, suasana alam yang aman dan nyaman akan berpengaruh terhadap kesehatan dan psikis baik guru maupun siswa-siswi. Kegiatan ini bukan hanya bermain saja, namun dari kegiatan ini bertujuan untuk melatih mental, kekompakan anak, konsentrasi, dan keberanian anak. Selain itu, semua siswa-siswi akan belajar mengenai banyak hal sesuai dengan apa yang mereka lihat. Wajah keceriaan nampak jelas dari semua peserta karena mereka bisa mengenal lingkungan alam dengan nuansa yang masih asri.


Banyak keseruan yang dilakukan oleh siswa-siswi TK dimulai dari beberapa kegiatan pelatihan seperti membuat keramik, membatik, melukis diatas kaos yang bertujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan bakat serta potensi dalam diri seorang anak dalam bentuk sebuah karya. Keseruan terlihat dari wajah semua siswa mereka begitu antusias dalam mengikuti intruksi dari instruktur Citra Alam. Selain kegiatan pelatihan semua siswa TK juga mengikuti beberapa games menarik seperti games tangkap ikan dimana kecerdasan anak akan semakin bertambah, selain melatih motorik juga sensoriknya. Mereka juga dapat merasakan sensasi dinginnya air dalam kolam dan asiknya melihat ikan yang bergerak di sekelilingnya serta dapat meraba ikan yang ditangkapnya.


Citra Alam juga memiliki beberapa fun games lainnya seperti games pipa line games ini dilakukan secara berkelompok yang terdiri dari 5-10 anak. Permainan ini bermediakan pipa yang sudah dibelah kemudian bola pimpong, dimana bola tersebut hanya bergerak melalui satu jalur dan tidak boleh menyentuh tangan. Permainan ini melatih kerjasama, kecepatan dalam gerakan, fokus serta komunikasi antar team. Banyaknya permainan yang unik dan menarik menjadi daya tarik sendiri bagi siswa untuk lebih kreatif dan berpotensi.

Alam terbuka memang sangat mendukung jika digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan, selain kegiatan yang seru dan menyenangkan sekaligus sebagai bentuk rasa bersyukur kita terhadap Tuhan YME atas segala karunia-NYA yang melimpah. Bukan itu saja kita juga bisa mengenalkan beberapa hal yang bermanfaat untuk anak didik sehingga bukan hanya teori saja yang mereka pahami namun dengan bersentuhan langsung dengan hal yang berkaitan dengan materi pelajaran akan membuat mereka lebih bersemangat dalam belajar.

Citra Alam memiliki tiga tempat yang bisa anda jadikan sebagai referensi untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan di wisata edukasi sebagai berikut :


Citra Alam Riverside-Bogor,lokasi unit ini memiliki nuansa pegunungan dan pesawahan. Di tempat ini anda bisa melakukan kegiatan seperti Outbound TK, Agro Sawah, Pelatihan ( Keramik, Batik, Angklung, dan Melukis diatas kaos) Luas area 5 hektare dan didukung berbagai fasilitas lengkap serta memiliki Instruktur yang handal dan berpengalaman siap mendukung kegiatan anda.

2.

Citra Alam Lakeside-Pulau Situ Gintung 3, Ciputat. Lokasi unit ini memiliki pesona keindahan hutan pinus dan    danau Situ Gintung di tengah kota yang mudah diakses bagi anda yang tinggal ditengah kota.  Di Citra Alam Lakeside ini anda bisa melakukan kegiatan seperti Outbound anak, Keramba Apung, dan beberapa kegiatan lainnya. Selain, kegiatan ada juga beberapa pelatihan ( Keramik, Batik, Angklung, dan Melukis diatas kaos). Citra Alam Lakeside juga memiliki wahana bermain seperti mini high rope dan fun games lainnya. Setiap kegiatan anda akan dibimbing langsung oleh Instruktur kami yang sudah berpengalaman serta fasilitas lengkap.

3.

Citra Alam Seaside-Anyer, suasana pinggir pantai yang indah dan strategis mendukung anda dalam melakukan berbagai kegiatan maupun pelatihan yang didukung dengan beberapa games-games menarik dan fasilitas lengkap.

Bagaimana dengan anda? Apakah sudah menyusun kegiatan untuk siswa-siswi anda? Semoga lokasi ini menjadi solusi menarik untuk kegiatan belajar anak TK/RA yang anda kelola.

64 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page