top of page

Serba-serbi Sekolah Online : Tips Atasi Kendala

Diperbarui: 13 Jul 2021

Kondisi pandemi covid-19 sudah berlangsung hampir 2 tahun. Organisasi kesehatan dunia -WHO yang berkompeten untuk mengungkap kondisi pandemi di seluruh dunia bahkan memprediksikan kalau situasi ini bisa berlangsung hingga tahun 2022. Diyakini, pandemi akan berangsur selesai, jika persentase jumlah masyarakat yang memperoleh vaksin semakin bertambah atau setidaknya mencapai 70% dari populasi masyarakat di Indonesia.

Selama kita masih belum terbebas dari pandemi, kami akan terus menyajikan informasi seputar tips menjalani kehidupan normal baru, khususnya yang berhubungan dengan kegiatan edukasi seperti program sekolah. Termasuk yang satu ini, apa saja yang seringkali dikhawatirkan siswa ketika masih harus menjalani belajar online atau sekolah online?

salah satu kegiatan virtual sekolah yang melibatkan siswa dan orang tua

Seperti dilansir IDN Times, ada 4 kekhawatiran siswa saat harus mengikuti sekolah online, khususnya siswa sekolah menengah. Tapi jangan khawatir, ada solusinya juga kok…..


Tiba-tiba ada kelas online dadakan

Siswa biasanya cukup melihat jadwal pelajaran untuk mempersiapkan materi belajar online dari sekolah. Namun seringkali, guru juga mengadakan kelas online dadakan. Rasanya sungguh merepotkan, apalagi jika jadwalnya pagi hari. Cara agar bisa selalu siap dengan kelas online dadakan adalah, persiapkan lah selalu setiap hari dengan bangun lebih pagi. Bukankah orang tua kita sering mengajarkan bahwa banyak sekali manfaat bisa didapat saat bangun pagi?

belajar online di rumah aja

Tugas online dikumpulkan secara bersamaan

Banyak anak sekolah berkata “sekolah online itu tugasnya malah makin banyak!”, akhirnya jadi pada stress sendiri deh. Wajar saja, karena para guru juga punya kewajiban memenuhi target kurikulum sekolah. Solusinya jangan panik, karena panik tidak akan menyelesaikan masalah. Jadinya malah tambah bingung kan. Kerjakanlah sesuai dengan yang ingin diprioritaskan serta tidak menunda-nunda mengerjakan tugas setelah tugas tersebut baru diberikan. Jika setiap tugas segera diselesaikan, maka tak akan terjadi penumpukan. Keuntungannya, siswa akan selalu siap menerima tugas baru.

sekolah online melatih kemandirian siswa
sekolah online siswa madrasah

Belum mandi tiba-tiba disuruh on camera

Hal yang tak terbantahkan sebagai efek negatif dari sekolah tanpa tatap muka adalah siswa menjadi lebih santai termasuk dalam urusan bangun pagi. Ketika sekolah dalam kondisi normal, siswa bisa disiplin dalam hal tersebut. Nah ketika sekolah online yang mengharuskan absensi pagi dengan on camera, banyak siswa yang menyiasatinya dengan hanya mencuci muka setelah bangun tidur. Maka biasakanlah ketika masih hari sekolah meski berlangsung online, kedisiplinan bangun pagi tetap diterapkan.

Ilustrasi kebosanan anak

Lagi serius, tiba-tiba ada gangguan koneksi internet

Siapapun pasti akan merasa tidak nyaman jika tiba-tiba mengalami gangguan koneksi internet ketika harus melakukan pekerjaan serius secara online. Harus bisa dimaklumi karena jaringan internet adalah buatan manusia yang sewaktu-waktu bisa mengalami kendala. Ketika dihadapkan pada kondisi tersebut, cobalah untuk mengkomunikasikannya dengan guru. Oleh karena itu ketika harus menjalani belajar online, pastikan alat komunikasi juga terisi pulsa agar setiap kendala tetap bisa dikomunikasikan dengan guru meski melalui telepon atau sms.

situasi gangguan internet saat ujian nasional sebuah sekolah (dok.Republika)

Sekolah online merupakan sistem baru dalam kegiatan belajar mengajar yang terus menerus membutuhkan adaptasi semua pihak, baik siswa, guru maupun orang tua murid, sehingga segala bentuk kendala dapat teratasi dengan mencari solusi terbaik. Asalkan selalu terjalin komunikasi yang baik antara siswa, guru dan orang tua, maka apapun kendalanya akan dapat teratasi.


Ingin target tahunan program sekolah terpenuhi tapi masih terkendala pandemi? Coba deh solusi berikut, dijamin aman dan harga terjangkau.

LDKS virtual dapat mendukung aktivitas sekolah online siswa
LDKS Virtual memudahkan sekolah dalam menjalankan program sekolah

Informasi selengkapnya, hubungi :

Phone : (021) 7310249 (021) 7321394


15 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page