Ragam Kegiatan Positif Mengisi Waktu Libur Di Rumah

Diperbarui: Jan 28

Pemerintah menetapkan untuk meliburkan sekolah di sejumlah wilayah di Indonesia, selama 14 hari, terkait upaya mencegah semakin meluasnya penyebaran Covid-19 atau virus corona yang sudah ditetapkan menjadi pandemi global. Dalam masa tersebut, siswa diminta untuk belajar di rumah dengan pengawasan guru, baik melalui online maupun pemberian tugas-tugas mata pelajaran. Para orang tua pun dianjurkan untuk ikut mengawasi aktivitas belajar anak serta mematuhi larangan untuk bepergian jika tidak diperlukan.

Ajakan Belajar di Rumah Kemendikbud

Dengan ditetapkannya peraturan dan sejumlah larangan itu, penting bagi orang tua untuk memiliki ide kreatif dalam mengisi hari-hari anak berada di rumah. Tentu saja dengan kegiatan positif yang menyenangkan, agar anak tidak merasa jenuh dengan situasi di luar kebiasaan tersebut.

Beberapa ide kreatif ini bisa menjadi alternatif kegiatan positif anak di dalam rumah :

Membaca Buku Bersama

Buku merupakan jendela dunia. Dengan membiasakan anak membaca buku sejak dini, akan mempermudah menanamkan kecintaan mereka pada membaca. Kelak ketika remaja dan dewasa nanti, buku akan menjadi teman bagi anak. Dengan sendirinya, kecerdasan anak dapat selalu terlatih dan meningkat. Peran orang tua juga diperlukan dalam aktivitas ini, agar anak dapat mudah memahami apa yang akan, sedang atau sudah dibacanya. Misalnya ikut membaca buku bersama, meminta anak mengeraskan suara saat membaca buku, menceritakan kembali isi buku yang dibaca anak, dll. Selain banyak sekali manfaatnya, membaca buku bersama juga akan memberi kesan tersendiri bagi anak selama libur di rumah.