top of page

Ragam Kegiatan Bermanfaat Untuk Ramadhan Penuh Berkah

Diperbarui: 28 Jan 2021

Ramadhan tinggal menghitung hari. Beragam persiapan dilakukan untuk menyambut bulan suci, agar pelaksanaan ibadah puasa berjalan lancar. Biasanya momentum Ramadhan selain menjadi waktu yang tepat untuk memperbaiki kualitas amal dan ibadah, juga digunakan untuk mempererat tali silaturahmi baik dengan sesama keluarga, kerabat, dan teman. Oleh karena itu banyak acara yang digelar saat Ramadhan, seperti :

Pesantren Kilat


shalat berjamaah disela kegiatan camping

Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter islami para peserta yang biasanya adalah anak-anak atau remaja. Kegiatan yang terdiri dari lomba membaca Al Quran, lomba adzan, sholat wajib dan sunah berjemaah dan ceramah ini dapat membina para generasi muda agar menjadi pribadi yang berakhlak dan bermoral baik.

Tadarus Al Quran


ayat suci al quran

Kegiatan berupa membaca Al Quran secara bersama-sama ini rutin dilakukan saat bulan Ramadhan. Dalam tadarus tersebut, peserta secara bergantian membaca ayat demi ayat kitab suci, sekaligus membedah isi atau makna yang terkandung didalamnya. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman terhadap Al Quran sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Buka Puasa Bersama


makan malam bersama di alam terbuka

Pada bulan Ramadhan di setiap tahunnya, acara buka puasa bersama menjadi acara yang paling banyak digelar. Umumnya acara tersebut berlangsung mulai pukul 5 sore hingga 7 malam dan mengambil lokasi di rumah makan atau restoran. Acara diisi dengan tausiyah, makan bersama dan sholat berjemaah.

Halal Bihalal


acara keluarga besar di alam terbuka

Selalu mengangkat tema silaturahmi, acara halal bihalal biasanya diselenggarakan saat perayaan Idul Fitri atau masih dalam suasana lebaran. Namun ada juga yang menggelar halal bihalal sebelum bulan Ramadhan dengan tujuan sebagai sarana menyucikan diri dari kesalahan antar sesama manusia. Halal bihalal memiliki asal mula yang unik (masukkan link asal mula halal bihalal) yaitu untuk menyelesaikan perseteruan antar kelompok di masa pemerintahan Presiden Soekarno. Dalam halal bihalal itulah bermaaf-maafan menjadi tradisi untuk menyucikan diri.

Beragam acara untuk mengisi bulan suci Ramadhan tersebut, seolah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia setiap tahunnya. Untuk itu Citra Alam menggelar Program Ramadhan yang terdiri dari :  


Paket Bukber


Paket Sanlat 1 hari


Paket Sanlat Menginap


Paket Tadabur Alam 1 hari


Paket Tadabur Alam menginap 2H 1M


Paket Halal Bihalal


suasana malam perkemahan di alam bebas

Mari mengisi bulan suci dengan kegiatan positif dan bermanfaat agar semua amal ibadah yang kita laksanakan mendapat keberkahan dan keridhoanNya.  

34 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page