top of page

Perjalanan Menjelajahi Keberagaman Indonesia

Siang hari yang cerah nan sejuk ketika rombongan marketing Citra Alam berkumpul di lapangan yang terdapat miniatur- miniatur  rumah adat ,Patung Pancasila dan Patung Bung Karno. Mereka terlihat antusias mengikuti rangkaian tour di salah satu wahana yang terdapat di Citra Alam Riverside, Bogor, bernama Rumah Kebangsaan Pancasila itu. Sebuah wahana sebagai wujud kebanggaan  menjadi warga negara Indonesia dan kecintaan terhadap tanah air. Tak hanya berkumpul di depan Rumah Kebangsaan, mereka juga mendengarkan penjelasan dari pemateri mengenai momentum saat dikumandangkannya 3 isi sumpah para pemuda Indonesia yang menandai terbentuknya negeri tercinta ini, hingga ketika Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya.

Itulah salah satu bagian dari rangkaian Tour Kebangsaan yang dimiliki Citra Alam Riverside. Kegiatan tersebut bertujuan agar generasi muda lebih mengenal sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Melalui simulasi yang diikuti oleh marketing Citra Alam tersebut akan memberikan gambaran yang jelas seperti apa perjalanan kegiatan tour kebangsaan.



Jelajahi Keberagaman

Tour Kebangsaan dimulai dari Gerbang Bhineka Tunggal Ika. Rombongan akan dipersilakan berbaris di depan gerbang tersebut sambil mulai mendengarkan penjelasan dari pemateri mengenai Indonesia dan keberagamannya. Pemandu mengarahkan rombongan menuju lapangan di depan rumah kebangsaan, dimana terdapat papan bertuliskan Kejadian Indonesia.  Di belakang papan tersebut terdapat miniatur Istana Negara yang semuanya serba putih dengan lambang pancasila.


rumah adat honai dari papua

Selanjutnya rombongan diarahkan untuk menuju miniatur atau replika rumah adat dan rumah ibadah yang terletak disamping rumah kebangsaan. Disana antara lain terdapat miniatur masjid, rumah joglo – jawa tengah, rumah adat batak dan rumah adat suku dayak. Selanjutnya rombongan yang berjumlah sekitar 15 orang tersebut menuju sisi lain komplek miniatur rumah adat dan rumah ibadah yang diantaranya terdapat miniatur gereja, miniatur pura, wihara serta miniatur rumah adat papua. Sambil mengiringi rombongan, pemandu menjelaskan bagaimana keragaman negara Indonesia, dimana banyak sekali perbedaan suku, agama dan adat istiadat akan tetapi tetap dalam satu bingkai negara kesatuan RI.


materi kejadian indonesia

Setelah melihat berbagai replika rumah adat dan rumah ibadah, rombongan dipersilahkan kembali ke lapangan untuk mendengarkan penjelasan mengenai berdirinya Indonesia hingga rasa nasionalisme yang harus ditumbuhkan oleh setiap generasi di negeri ini. Kemudian rombongan diarahkan mendekat ke rumah kebangsaan dimana terdapat replika Pancasila. Pemateri menjelaskan setiap bagian dari garuda pancasila yang melambangkan tanggal, bulan dan tahun kemerdekaan RI.

Pada bagian terakhir tour kebangsaan, peserta diminta menuju ke replika monas dan gedung DPR sambil mendengarkan penjelasan mengenai lembaga-lembaga negara yang bertugas menjalankan roda pemerintahan.


penjelasan tentang pancasila di rumah kebangsaan
penjelasan tentang gedung wakil rakyat

Tour Kebangsaan Melengkapi SNI

Kegiatan tour kebangsaan akan menjadi salah satu item dalam paket camping outbound untuk siswa sekolah. Kegiatan yang mengajak para pesertanya mengetahui alur sejarah lahirnya bangsa Indonesia melalui metode tur yang interaktif ini, akan melengkapi kegiatan workshop kebangsaan atau sosialisasi nasionalisme Indonesia (SNI) yang sudah menjadi program untuk pendidikan karakter kebangsaan di Citra Alam. SNI sendiri merupakan workshop yang digelar Citra Alam agar siswa-peserta yang merupakan penerus bangsa lebih menghargai arti kemerdekaan bangsa ini secara utuh serta menghargai jasa-jasa para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.


Dengan mengedepankan visi dan misi yang bernilai pendidikan pelatihan seni budaya dan karakter bangsa, diharapkan seluruh rangkaian kegiatan yang bermuatan kebangsaan di Citra Alam dapat memberikan sumbangsih bagi kemajuan bangsa Indonesia.

5 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page