Pentingnya Kualitas Dalam Menjalankan Kepemimpinan

Diperbarui: Jun 25


Di semua segi kehidupan, hubungan sosial antar manusia sudah pasti terjadi. Karena manusia adalah mahluk sosial yang tidak bisa tidak harus menjalani interaksi dengan manusia lainnya. Dalam artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai pentingnya kebersamaan dalam menjaga hubungan sosial sebagai sesama manusia. Namun hubungan antar sesama manusia itu juga penting untuk tetap berpegang pada norma-norma atau aturan-aturan yang mengikat. Salah satu yang dapat mengikatkan hubungan manusia dengan norma atau aturan adalah keberadaan seorang pemimpin. Tapi tentu saja bukan hal yang mudah juga untuk menjadi pemimpin. Sebab seorang pemimpin harus memiliki kriteria dan kualitas tertentu dalam menjalankan kepemimpinan.

Banyak dan beratnya tugas dan tanggung jawab seorang pemimpin belum tentu mampu dijalani oleh setiap orang. Ada beberapa kriteria dan kualitas tertentu yang harus dimiliki seorang pemimpin :


1. Integritas

adalah melakukan apa yang benar saat tak ada seorang pun yang melihat atau melakukan apa yang anda sudah katakan. Contohnya, jika anda berkata A maka anda harus melakukan A bukan melakukan B. Jika pemimpin memiliki integritas baik maka ia akan memiliki tim yang baik juga.


2. Fokus

menjadi penting bagi seorang pemimpin untuk mengatasi masalah yang kritis. Fokus disini bisa diartikan mampu mengembangkan pilihan-pilihan yang ada dan tidak terganggu faktor dari luar. Seorang penulis buku Tim Ferris mengatakan menjadi seorang pemimpin yang baik, anda tidak bisa menjadi mayoritas dalam hal minoritas.


3. Open Minded

yaitu terbuka dan menghargai berbagai pendapat yang disampaikan anggota tim. Dari sikap demikian, seorang pemimpin akan mendapatkan insight baru dalam kepemimpinan.