Pelajaran Apa Saja Yang Bisa Diambil Dari Pengalaman Fasilitator Outbound?

Menekuni profesi sebagai seorang fasilitator outbound atau instruktur kegiatan di alam terbuka pasti selalu berhubungan dengan banyak orang dengan berbagai latar belakang, usia, dan profesi. Dibutuhkan kesabaran tinggi serta kemampuan untuk menyampaikan materi yang mudah dipahami. Apalagi jika pesertanya adalah anak-anak yang memiliki sifat yang aktif dan lebih banyak bertanya. Dalam kondisi apa pun, para fasilitator outbound harus bisa membawa kegiatan atau acara kedalam berbagai suasana yang menyenangkan bagi para pesertanya.

Seorang fasilitator bukan hanya sebagai pemandu kegiatan tetapi juga bisa memberdayakan masyarakat. Kemampuan mereka membangun partisipasi para peserta, mendengar dan berkomunikasi dengan baik saat memegang kendali dalam sebuah permainan, dapat mendorong para peserta memperoleh manfaat di setiap kegiatannya. Peserta bisa memperoleh banyak pengetahuan baru, serta memiliki rasa percaya diri yang tinggi untuk semakin kreatif dan berinovasi.

fun games seru citra alam lakeside

Ketika harus memandu permainan anak-anak


Agar bisa memegang kendali permainan dengan baik termasuk para peserta yang memiliki berbagai karakter, dibutuhkan kemampuan emosional untuk mengelola emosi diri sendiri dalam hubungannya dengan orang lain. Selain itu tetap dibutuhkan juga kemampuan fisik berupa stamina yang baik, kekuatan serta ketangkasan. Saat berada dalam arena permainan, fasilitator juga harus mampu  bermain peran yang membuat peserta antusias  mengikuti setiap rangkaian kegiatan. Selanjutnya secara intelektual, fasilitator outbound harus memiliki kemampuan untuk berpikir, bernalar dan memecahkan masalah.


team fasilitator citra alam

Persiapan untuk kegiatan flyin