Outing Sekolah : Mengenal Budidaya Ikan Keramba

Memberikan pemahaman mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan makhluk hidup dan alam sekitar kepada siswa sekolah biasanya hanya melalui teori di beberapa mata pelajaran di sekolah. Untuk mendorong minat dan melengkapi materi teori yang mereka dapat di kelas, beberapa sekolah memiliki agenda kegiatan luar ruangan bagi para siswanya.

Lewat kegiatan luar ruang seperti inilah siswa dapat belajar mengenai banyak hal dan memperoleh banyak kesenangan pada kunjungan luar sekolah. Citra Alam sebagai pusat pelatihan dan pendidikan luar ruang berkomitmen mendukung sekolah dan siswanya melalui banyak kegiatan edukatif. Salah satunya adalah Pelatihan Budidaya Ikan Keramba yang mengajak siswa sekolah untuk mengenal jenis ikan budidaya dan pengenalan dasar tentang cara budidaya ikan keramba.


Selain itu dari materi-materi yang disampaikan, siswa juga dapat lebih mamahami gizi yang terkandung dalam ikan yang berguna bagi kesehatan.

Kegiatan pengenalan budidaya ikan keramba ini terdapat di cabang Citra Alam Lakeside, yang berlokasi di Situ Gintung, Ciputat. Melalui kegiatan ini, siswa yang terdiri dari anak-anak dan remaja dapat menemukan informasi tentang bagaimana membudidaya ikan, mulai dari mengenal jenis-jenis ikan yang bisa di budidaya dengan metode keramba, hingga tehnik pemijahan untuk pengembang-biakkan. Khusus anak-anak, dapat merasakan keseruan memberi makan ikan langsung dalam area keramba yang terdapat di danau Situ Gintung, dan punya pengalaman seru berkreatifitas dalam kompetisi membuat minatur ikan dari tanah liat.

Membudidayakan ikan dengan keramba dapat menggunakan wadah berupa kandang yang terbuat dari bambu atau papan kayu. Dengan menggunakan bahan lain yakni kayu, paralon, fiber glass atau styreofoam, wadah tersebut ditempatkan terapung di badan sungai atau danau. Selanjutnya keramba akan mendapatkan sirkulasi mengikuti arus air.

Membudidayakan ikan dalam keramba apung harus melalui beberapa tahap berikut :

  1. Mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan