Nilai Edukasi Saat Berkegiatan Agro Sawah

Masa orde baru merupakan masa setelah turunnya Presiden Soekarno kemudian digantikan oleh Presiden Soeharto. Pada masa kepemimpinan Soeharto yang berlangsung selama lebih dari 30 tahun, Negara Indonesia mengalami kemajuan pembangunan ekonomi. Adapun beberapa hal positif yang didapatkan dari pembangunan ekonomi secara umum pada masa Orde Baru ini antara lain pertumbuhan ekonomi, pembangunan infrastruktur, serta perkembangan sektor pertanian.

Prestasi luar biasa yang diperoleh dari perkembangan sektor pertanian ini adalah Indonesia bisa mengubah status dirinya dari Negara pengimpor beras terbesar di dunia menjadi Negara pengekspor beras terbesar di dunia dan mencapai swasembada pangan pada tahun 1980-an.


kegiatan agro sawah Citra Alam Riverside

Bicara tentang pertanian, mungkin sampai saat ini ketika mendengar kata pertanian yang ada di pikiran kita hanya cangkul, sawah, padi, kotor, dan jorok. Apa kalian masih ingat kapan terakhir kali pergi ke sawah? Mungkin sudah puluhan tahun yang lalu. Masih ingat bagaimana keseruan kalian saat berburu belut atau keong di sawah? Dimana baju dan celana yang dipakai penuh dengan lumpur bahkan sampai ke wajah dan rambut tapi di sisi lain kita merasa sangat senang bahkan enggan untuk beranjak pulang ke rumah.

Belum lagi ketika orangtua kita mulai menggerakkan lukunya (alat membajak sawah) yang biasa ditarik oleh kerbau atau sapi. Dengan antusias kita naik di atas luku dan ikut membajak sawah atau bahasa keren-nya saat ini adalah agro sawah.


agro sawah Citra Alam Riverside

Apa itu agro sawah? Agro sawah merupakan salah satu wahana edukasi yang memperkenalkan dan mendidik anak-anak supaya lebih dekat dengan alam.  Kegiatan ini disajikan dalam konsep belajar sambil bermain, dimana anak-anak akan belajar bagaimana mengolah sawah mulai membajak sawah sampai menanam padi.  Di samping keseruan itu kita juga perlu tahu bahwa banyak sekali nilai edukasi yang bisa kita dapatkan saat mengikuti kegiatan agro sawah antara lain: