top of page

Menu Sahur dan Berbuka Sehat untuk Memperkuat Tubuh selama Ramadan



Menu sahur dan berbuka

Ramadan adalah bulan suci yang penuh berkah di mana umat Muslim berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam. Selama bulan ini, penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh agar dapat menjalani ibadah dengan baik. Salah satu cara untuk mencapai hal ini adalah dengan memilih menu sahur dan berbuka yang sehat dan bergizi. Berikut ini beberapa rekomendasi menu yang dapat membantu Anda mempersiapkan tubuh selama Ramadan:


Menu Sahur Sehat:

  1. Oatmeal dengan Buah Segar: Oatmeal adalah sumber energi yang baik dan dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Tambahkan potongan buah segar seperti pisang, stroberi, atau kiwi untuk rasa dan nutrisi tambahan.

  2. Telur Rebus atau Telur Dadar dengan Sayuran: Telur merupakan sumber protein yang penting untuk membangun dan memperbaiki otot. Padukan dengan sayuran seperti bayam, tomat, dan paprika untuk tambahan serat dan vitamin.

  3. Smoothie Buah dan Sayur: Buatlah smoothie dengan campuran buah-buahan segar seperti mangga, pepaya, dan bayam. Tambahkan juga yogurt rendah lemak atau susu almond untuk protein tambahan.


Menu Berbuka Sehat:

  1. Kurma dan Air Putih: Kurma adalah sumber energi cepat yang dapat mengembalikan kadar gula darah Anda setelah berpuasa. Pastikan untuk mengonsumsi air putih juga untuk menjaga hidrasi tubuh.

  2. Sup Sayuran: Sup sayuran ringan seperti sup kacang merah atau sup ayam dengan banyak sayuran adalah pilihan yang baik untuk memulai berbuka. Sup ini mengandung banyak air dan nutrisi penting.

  3. Roti Gandum dengan Daging atau Tahu: Roti gandum merupakan sumber karbohidrat kompleks yang baik untuk memberikan energi bertahap. Padukan dengan daging rendah lemak atau tahu untuk tambahan protein.


Saran Penting:

  • Hindari Makanan Berlemak dan Manis: Hindari makanan yang tinggi lemak jenuh dan gula tambahan, karena dapat membuat Anda merasa lebih lemas dan kurang bertenaga selama puasa.

  • Perbanyak Minum Air Putih: Pastikan untuk minum banyak air putih antara berbuka dan sahur untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.


Dengan memilih menu sahur dan berbuka yang sehat dan bergizi, Anda dapat mempersiapkan tubuh Anda dengan baik untuk menjalani ibadah puasa dengan penuh semangat dan energi. Selain menu sahur dan berbuka yang perlu di perhatikan, kita juga perlu memperhatikan aktifitas aktifitas produktif yang akan kita lakukan di saat puasa, agar puasa kita menjadi lebih bermakna. Seperti mengikuti kelas tentang karakter atau kepribadian dan kelas tentang pelatihan seni budaya bersama Citra Alam. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan!

16 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments

Rated 0 out of 5 stars.
No ratings yet

Add a rating
bottom of page