Mengenal Ragam Perkemahan Pramuka

Sebagai salah satu pendidikan di luar sekolah yang mampu bertahan di segala jaman, Pramuka dinilai dapat menjadi benteng dalam mendidik dan membina generasi muda dengan jiwa tangguh, terampil, cerdas dan disiplin. Dalam kegiatan tersebut, para anggota bukan hanya menerima materi atau isi pelajaran melainkan juga memiliki kesempatan belajar menumbuhkan sikap-sikap dan perbuatan yang baik untuk membentuk karakter dan kekuatan jasmani. Kepramukaan memiliki berbagai aspek pembelajaran mulai dari segi spiritual, emosional, sosial, jasmani dan rohani, yang diperoleh dari beragam kegiatan. Pada setiap kegiatannya bisa dilakukan secara individu maupun kelompok, seperti dalam kegiatan perkemahan pramuka.

Banyak kegiatan dalam kepramukaan baik indoor maupun outdoor. Pada kelompok anggota pramuka pemula atau yang biasa disebut Siaga , kegiatan lebih banyak dilakukan di dalam lingkungan sekolah. Sedangkan kelompok anggota dari penggalang hingga tingkat yang lebih tinggi lagi,  sudah bisa mengikuti kegiatan di luar lingkungan sekolah.

Dari kegiatan pramuka yang bermacam-macam, salah satu yang menyenangkan, berkesan dan memiliki banyak manfaat adalah perkemahan. Pada pembahasan sebelumnya, sudah dijelaskan apa saja manfaat perkemahan pramuka, persiapan, serta kegiatan yang dilakukan saat berkemah. Lalu jenis kegiatan perkemahan  apa saja dalam Pramuka?

Berdasarkan penjelasan dalam situs Wikipedia, ada banyak sekali jenis kegiatan perkemahan Pramuka yang terbagi berdasarkan waktu pelaksanaan, tempat, tujuan, serta jumlah peserta. Dari bermacam-macam perkemahan tersebut, 3 diantaranya adalah :


Seperti namanya, persami dan perkajum yang berlangsung selama 2 hari 1 malam ini masuk dalam kelompok perkemahan berdasarkan waktu pelaksanaan. Jenis perkemahan ini biasanya banyak digelar oleh anggota pramuka tingkat siaga hingga penggalang, dalam satu sekolah. Kegiatan maupun acara yang disusun dalam persami dan perkajum juga disesuaikan dengan tingkatan para anggota. Persami dan Perkajum juga sering dilakukan untuk agenda pelantikan atau kenaikan tingkat anggota dengan berbagai kegiatan yang menguji fisik dan mental para pesertanya. Jenis perkemahan ini bisa dilakukan di dalam atau di luar lingkungan sekolah.