Mengembangkan Karakter Lewat Outbound

Diperbarui: Jan 28

Ada ungkapan yang menyebutkan “Bertambah usia itu pasti, tapi menjadi dewasa adalah pilihan”. Kalimat itu tak hanya ditujukan bagi seorang remaja yang baru saja beranjak dewasa, tapi juga bisa ditujukan pada seseorang yang sudah dewasa tapi belum memiliki kedewasaan dalam berpikir dan bersikap. Saat masuk pada usia dewasa, tentu saja setiap orang akan mengalami banyak perubahan dalam kehidupannya. Tapi tidak semuanya bisa menjadi dewasa seutuhnya. Kedewasaan seseorang juga seringkali dipengaruhi oleh karakter yang dimiliki serta lingkungan di sekitarnya, seperti latar belakang keluarganya dan dengan siapa saja ia bergaul. Agar seseorang bisa menjadi lebih dewasa hingga akhirnya memiliki kehidupan yang lebih baik, perlu dilakukan pengembangan karakter.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan karakter seseorang adalah melalui kegiatan outbound yang didalamnya terdapat bermacam permainan individu maupun kelompok. Permainan tersebut dapat menciptakan peluang unik untuk setiap personil di setiap levelnya.

ragam permainan dalam kegiatan outbound

Beberapa permainan yang termasuk dalam kegiatan outbound seperti :

  1. Flying fox

  2. Arung Jeram 

  3. Team Building

  4. Banana Boat

  5. Balance Beam

  6. Highropes 

  7. Paint Ball

  8. Panahan

Berlangsungnya kegiatan outbound selalu berada dibawah arahan instruktur atau fasilitator. Hal itu berkaitan dengan pemasangan standart pengamanan untuk sejumlah permainan yang memiliki resiko tertentu serta panduan yang berhubungan dengan manfaat dari setiap permainannya.

Setiap permainan dalam kegiatan outbound memiliki sejumlah manfaat antara lain dalam membangun karakter baik bagi diri masing-masing peserta maupun hubungan antar peserta. Pelajaran apa saja yang bisa diambil dari outbound?

Menghadapi Masalah melalui berbagai tantangan yang ada di dal