top of page

Mengapa Lebaran Identik dengan Ketupat? - Tradisi yang Mengesankan dari Hari Raya Idul Fitri

lebaran idul fitri

Lebaran adalah momen paling meriah bagi umat Islam di seluruh dunia. Di Indonesia, salah satu ikon yang tak terpisahkan dari perayaan ini adalah ketupat. Tapi, mengapa Lebaran identik dengan makanan khas ini? Mari kita telusuri lebih dalam tradisi yang mengesankan dari Hari Raya Idul Fitri ini.

1. Simbol Kekayaan dan Berkah

Ketupat bukan sekadar makanan biasa, tetapi juga simbol kekayaan dan berkah. Bentuknya yang segi delapan dianggap mewakili kesempurnaan dan keberuntungan. Ketika seseorang menyantap ketupat, mereka juga berharap untuk mendapatkan keberuntungan dan kebahagiaan di hari Lebaran.

2. Ketahanan Selama Perjalanan Pulang Kampung

Di Indonesia, Lebaran sering kali dihubungkan dengan mudik atau pulang kampung. Ketupat merupakan makanan yang tahan lama dan mudah dibawa, sehingga sangat cocok sebagai bekal saat melakukan perjalanan jauh pulang kampung. Ketupat dapat bertahan selama beberapa hari tanpa rusak, membuatnya menjadi pilihan yang praktis dan nyaman untuk membawa bekal selama perjalanan.


citra alam

3. Tradisi Makanan Khas Lebaran

Ketupat bukanlah makanan yang biasa disajikan sehari-hari. Lebaran adalah momen istimewa yang dipenuhi dengan tradisi-tradisi khas, termasuk dalam hal makanan. Ketupat menjadi salah satu makanan khas yang sangat dinantikan dan menjadi bagian tak terpisahkan dari perayaan Lebaran.

4. Budaya Gotong Royong dalam Persiapan Ketupat

Persiapan ketupat juga menjadi momen yang mempererat tali persaudaraan dan kerjasama antarwarga. Proses membuat ketupat membutuhkan kerja keras dan kerjasama keluarga serta tetangga untuk menyiapkan bahan-bahan dan membantu dalam proses pembuatannya. Ini mencerminkan nilai-nilai gotong royong dan kebersamaan yang kuat dalam budaya Indonesia.

5. Kenangan Manis dari Masa Kecil

Bagi banyak orang, ketupat juga membawa kenangan manis dari masa kecil. Makan ketupat bersama keluarga di hari Lebaran merupakan tradisi yang selalu dinantikan dan disambut dengan sukacita. Rasanya yang lezat dan aroma khasnya menjadi bagian tak terpisahkan dari kenangan indah tentang perayaan Lebaran di masa lalu.

Ketupat bukan hanya sekadar makanan, tetapi juga simbol keberkahan, persatuan, dan kebahagiaan dalam perayaan Lebaran. Melalui tradisi ini, kita dapat merasakan kehangatan dan kebersamaan bersama keluarga serta memperkuat tali persaudaraan dalam budaya yang kaya dan beragam di Indonesia. Selamat merayakan Idul Fitri dengan ketupat yang lezat dan tradisi yang penuh makna!

7 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments

Rated 0 out of 5 stars.
No ratings yet

Add a rating
bottom of page