top of page

Mengapa Dinamakan "Berkurban" ? Ini dia, Makna dan Arti di Balik Istilahnya

Idul Adha

Istilah "berkurban" merupakan salah satu konsep yang memiliki makna dan arti mendalam dalam agama Islam. Kata tersebut terdiri dari dua unsur utama, yaitu "ber" dan "kurban", yang masing-masing memiliki signifikansi dan kekhususan tersendiri.

1. "Ber": Tindakan yang Dilakukan Bersama-sama

Pertama-tama, kata "ber" dalam istilah "berkurban" mengandung makna tindakan yang dilakukan bersama-sama atau dalam konteks kolektif. Ini menunjukkan bahwa praktik berkurban bukanlah tindakan yang dilakukan secara individual, tetapi melibatkan partisipasi dan keterlibatan bersama dari umat Muslim.

Citra Alam

2. "Kurban": Pengorbanan yang Dipersembahkan untuk Tuhan

Selanjutnya, kata "kurban" merujuk kepada pengorbanan atau persembahan yang diberikan kepada Tuhan. Dalam konteks agama Islam, kurban merupakan bentuk pengorbanan yang dipersembahkan oleh umat Muslim sebagai wujud ketaatan dan penghormatan kepada Allah SWT. Kurban ini umumnya berupa hewan ternak seperti sapi, kambing, atau domba yang disembelih dengan cara yang diatur dalam syariat Islam.

3. Makna Keseluruhan "Berkurban"

Jadi, ketika digabungkan, istilah "berkurban" mencerminkan tindakan pengorbanan yang dilakukan bersama-sama oleh umat Muslim untuk memenuhi perintah agama dalam meraih keridhaan Allah SWT. Ini adalah manifestasi dari rasa ketaatan, kesetiaan, dan pengabdian kepada-Nya, serta menjadi salah satu bentuk ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam.


berkurban

Dengan demikian, istilah "berkurban" mengandung makna yang sangat dalam dan memiliki arti yang tinggi dalam konteks keagamaan umat Muslim. Praktik ini bukan hanya sekadar ritual, tetapi juga menjadi sarana untuk memperkokoh ikatan spiritual antara manusia dan penciptanya, serta memperkuat nilai-nilai kemanusiaan dan kepedulian sosial di dalam masyarakat.

Dengan menggali makna dari setiap komponen kata, kita dapat memahami lebih dalam tentang signifikansi dan kekhususan dari istilah "berkurban" dalam konteks agama Islam. Ini memperkaya pemahaman kita tentang praktik ibadah yang sangat penting dan memiliki nilai spiritual yang tinggi dalam kehidupan umat Muslim.


Mencari lokasi untuk liburan bersama keluarga, Outbound / Team Building bersama rekan kerja anda, dan mengikuti Kegiatan Pelatihan Seni Budaya yang seru ? Ke Citra Alam aja. Ayo hubungi marketing kami disini !

0 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments

Rated 0 out of 5 stars.
No ratings yet

Add a rating
bottom of page