top of page

Mempelajari fakta menarik Indonesia sambil merayakan 17 Agustus an

citra alam

Tanggal 17 Agustus, adalah hari yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Pada tahun 1945, Indonesia mencapai kemerdekaan dari penjajahan Belanda dan menjadi negara merdeka pertama di Asia Tenggara.

Namun, sebelum kita menuju ke peristiwa sejarah yang menakjubkan ini, mari kita kenali dulu beberapa fun fact nya


Fakta Menarik #1: Indonesia adalah negara keempat terpadat penduduk di dunia Dengan lebih dari 278 juta penduduk, Indonesia adalah salah satu negara yang paling padat penduduk di dunia. Tidak heran jika kemerdekaan ini diayomi dengan kegembiraan!


Citra alam

Fakta Menarik #2: Indonesia memiliki 38 provinsi Indonesia adalah archipelago yang luas dengan lebih dari 16.000 pulau. Negara ini dibagi menjadi 38 provinsi, masing-masing dengan budaya dan tradisinya sendiri.


Fakta Menarik #3: Bendera Indonesia terbuat dari dua warna Bendera Indonesia, juga dikenal sebagai Sang Saka Merah-Putih, adalah simbol perjuangan negeri ini. Dua warna tersebut mewakili keberanian dan kesucian.


hari kemerdekaan

Fakta Menarik #4: Hari Kemerdekaan diperingati dengan berbagai aktivitas Biasanya warga Indonesia memperingati Hari Kemerdekaan dengan berbagai aktivitas, mulai dari parade militer dan pertunjukan budaya hingga tarian tradisional dan musik. Bahkan kamu mungkin dapat menemukan penjual makanan tradisional dan suvenir di beberapa event !


Fakta Menarik #5: Lagu kebangsaan Indonesia ditulis oleh warga Belanda Lagu kebangsaan Indonesia, "Indonesia Raya", ditulis oleh Wage Rudolf Soepratman, seorang warga Belanda, pada tahun 1928. Lagu ini adalah nyanyian yang indah yang mewakili kesatuan dan nasionalisme negeri ini.


17 agustus

Fakta Menarik #6: Proklamasi Kemerdekaan ditulis oleh Sukarno Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, yang diumumkan pada tanggal 17 Agustus 1945, ditulis oleh Sukarno, Presiden Indonesia Pertama.


Fakta Menarik #7: Kemerdekaan Indonesia mempengaruhi nasionalisme di Asia Kemerdekaan Indonesia mempengaruhi nasionalisme di Asia, terutama di Malaysia, Singapura, dan Filipina. Berbagai gerakan kemerdekaan dan perjuangan rakyat Asia juga terinspirasi oleh perjuangan rakyat Indonesia.


proklamasi

Fakta Menarik #8: Seluruh masyarakat Indonesia berpartisipasi dalam peringatan Hari Kemerdekaan Peringatan Hari Kemerdekaan adalah hari libur nasional di Indonesia. Seluruh masyarakat Indonesia berpartisipasi dalam peringatan tersebut dengan mengadakan acara-acara keagamaan, budaya, perlombaan dan rekreasi.


Terimakasih telah membaca !


0 tampilan0 komentar

Commentaires

Noté 0 étoile sur 5.
Pas encore de note

Ajouter une note
bottom of page