Memotivasi Semangat Karyawan Melalui Camping Outbound

Diperbarui: Jan 28

Motivasi merupakan salah satu faktor penting dalam mendorong seorang karyawan untuk lebih bersemangat dalam bekerja. Secara definisi, motivasi bisa diartikan sebagai kesediaan individu untuk mengeluarkan upaya yang tinggi agar tujuan organisasi dapat tercapai. Ada 3 elemen kunci dalam motivasi yaitu :

  1. Upaya. Bila seseorang sudah termotivasi maka ia akan berupaya sekuat tenaga mencapai tujuan.  

  2. Tujuan organisasi, yang harus selalu menjadi fokus untuk melakukan upaya tinggi dalam menghasilkan kinerja yang tinggi juga

  3. Kebutuhan, sebagai kondisi internal yang menimbulkan dorongan dari dalam diri setiap individu.


ilustrasi tentang motivasi kerja

Dari ketiga elemen kunci dalam motivasi tersebut, ada dua pihak yang bisa menjalankan peran dalam memberikan motivasi kepada karyawan, yaitu perusahaan dan karyawan bersangkutan. Memberikan motivasi pun bisa dilakukan dengan banyak cara, diantaranya adalah menggelar kegiatan yang bermanfaat seperti outbound.

Outbound semakin banyak dipilih oleh perusahaan dalam meningkatkan kualitas kerja karyawannya, karena memiliki sejumlah manfaat yang dianggap efektif untuk mencapai tujuan tersebut. Bahkan melalui outbound, bisa dianggap ikut membangun bangsa. Ragam permainan bisa diikuti setiap peserta dalam kegiatan outbound baik yang diselenggarakan satu hari atau berkonsep camping. Untuk outbound dengan camping, para peserta memperoleh semakin banyak manfaat misalnya menjadi lebih akrab satu sama lain sehingga semangat kekeluargaan pun akan lebih terasa.


mempersiapkan peserta di tenda camping<