Membangun Kebersamaan Lewat Ragam Permainan Outbound

Sudah bisa dipastikan bahwa sebagai mahluk sosial, manusia tidak bisa hidup sendiri. Keberadaan orang lain baik keluarga, teman, saudara, kerabat selalu dibutuhkan. Meski setiap harinya kita disibukkan oleh rutinitas, kebersamaan dengan orang-orang disekitar tetap memegang peran penting. Oleh sebab itu makna kebersamaan sangatlah besar bagi kehidupan manusia.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membangun atau menjaga kebersamaan. Contohnya makan bersama dalam keluarga, kerja bakti di lingkungan tempat tinggal, atau menggelar acara halal bihalal keluarga besar. Bahkan mengadakan rapat di kantor pun juga bisa dianggap sebagai wujud kebersamaan karena pada kesempatan itu dilakukan pembahasan bersama untuk menyelesaikan pekerjaan.


Membangun kebersamaan bisa juga dilakukan dengan mengikuti sejumlah permainan. Outbound salah satunya. Dalam kegiatan outbound terdapat banyak permainan yang dilakukan secara berkelompok. Ragam pemainan outbound tersebut memiliki banyak manfaat seperti membentuk karakter, membentuk jiwa kepemimpinan serta membangun soliditas dan kerjasama tim. Dalam jenis outbound lainnya, wahana permainan menantang, seperti: flying fox, arung jeram dan beberapa permainan ketinggian (highropes) dapat membawa dampak positif, misalnya bangun keberanian untuk pesertanya.

Kegiatan outbound sendiri saat ini sudah banyak dilakukan berbagai kelompok masyarakat, mulai dari kelompok terkecil yakni keluarga, komunitas, organisasi, sekolah, hingga ke perusahaan yang memiliki banyak karyawan. Dari banyak pengalaman Citra Alam dalam menggelar kegiatan outbound, seringkali outbound digelar dengan minimal 20 orang. Ini dilakukan untuk  mempermudah pembentukan kelompok selama permainan berlangsung –umumnya setiap permainan butuh 5-8 peserta disetiap tim-nya .

Adapun urutan permainan dalam kegiatan outbound yang biasa digelar di Citra Alam adalah sebagai berikut :


permainan ice breaking citra alam seaside