top of page

Masjid Istiqlal : Simbol Keindahan Arsitektur dan Kerukunan di Indonesia

Diperbarui: 25 Jul 2023


Masjid Istiqlal
Masjid Istiqlal

Selamat datang ! Pada kesempatan kali ini kita akan membahas salah satu keajaiban arsitektur dan simbol kerukunan di Indonesia, yaitu Masjid Istiqlal. Masjid Istiqlal adalah salah satu masjid terbesar dan paling megah di dunia, dan telah menjadi ikon budaya dan agama yang kental di Indonesia. Melalui blog ini, kami akan mengajak Anda untuk mengenal lebih dekat sejarah, keunikan, dan makna dari Masjid Istiqlal.

  • Sejarah Singkat Masjid Istiqlal:

Masjid Istiqlal, yang berlokasi di pusat Jakarta, ibu kota Indonesia, dibangun sebagai simbol kemerdekaan Indonesia. Pembangunannya dimulai pada tahun 1961 dan selesai pada tahun 1978. Presiden pertama Indonesia, Soekarno, menggagas pembangunan masjid ini sebagai simbol kemerdekaan dan persatuan bangsa setelah Indonesia merdeka dari penjajahan Belanda.

  • Arsitektur yang Megah:

Masjid Istiqlal memiliki arsitektur yang megah dan menakjubkan. Didesain oleh seorang arsitek Kristen dari Jerman bernama Frederich Silaban, masjid ini menggabungkan elemen arsitektur tradisional Indonesia dengan gaya modern. Atap yang melengkung, kubah besar berwarna putih, serta kolom-kolom yang kokoh memberikan kesan kemegahan dan keindahan tersendiri.

  • Kapasitas dan Luas Area:

Masjid Istiqlal mampu menampung ribuan jemaah dalam satu waktu. Luas area masjid mencapai lebih dari 9 hektar dan dapat menampung hingga 120.000 jemaah. Masjid ini juga memiliki plaza yang luas dan sering digunakan untuk kegiatan-kegiatan keagamaan dan kebudayaan.

  • Simbol Kerukunan:

Masjid Istiqlal menjadi simbol kerukunan di Indonesia karena lokasinya yang berdekatan dengan Katedral Jakarta dan Kelenteng Dharma Bhakti. Kedekatan fisik antara tiga tempat ibadah utama tiga agama besar di Indonesia ini menunjukkan harmoni dan toleransi yang tinggi antarumat beragama di Indonesia.

  • Acara dan Perayaan:

Masjid Istiqlal menjadi tuan rumah berbagai acara dan perayaan besar, terutama pada momen-momen penting dalam agama Islam, seperti Idul Fitri dan Idul Adha. Selain itu, masjid ini juga menjadi tempat penting untuk kunjungan diplomatik dan acara-acara nasional.

  • Pariwisata dan Kegiatan Sosial:

Masjid Istiqlal juga menjadi salah satu destinasi wisata populer di Jakarta. Wisatawan dari berbagai belahan dunia sering mengunjungi masjid ini untuk mengagumi keindahan arsitektur dan merasakan ketenangan di tengah kesibukan kota. Selain itu, masjid ini juga aktif dalam kegiatan sosial dan kemanusiaan, seperti memberikan bantuan bagi masyarakat yang membutuhkan.


Masjid Istiqlal adalah simbol keindahan arsitektur dan kerukunan di Indonesia. Sebagai salah satu masjid terbesar di dunia, masjid ini memiliki daya tarik yang luar biasa bagi wisatawan dan jemaah. Lebih dari sekadar bangunan megah, Masjid Istiqlal mewakili nilai-nilai persatuan, toleransi, dan kemerdekaan yang dijunjung tinggi oleh bangsa Indonesia. Mari kita lestarikan dan hargai keberadaan Masjid Istiqlal sebagai warisan budaya dan spiritual bagi Indonesia dan dunia.


Jika Anda tertarik dengan sejarah dan ingin mempelajari lebih lanjut tentang Sejarah Masjid Istiqlal dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia, Maka, ikuti Pelatihan Napak Tilas Kebangsaan - On The Spot yang diadakan Oleh Citra Alam bersama dengan Rumah Kebangsaan Pancasila.



Terimakasih telah membaca Blog ini, Semoga informasi tentang Monas ( Monumen Nasional ) ini bermanfaat dan menginspirasi. Sampai jumpa di perjalanan berikutnya!

127 tampilan0 komentar

Comments

Rated 0 out of 5 stars.
No ratings yet

Add a rating
bottom of page