• Citra Alam

Manfaat Relaksasi Tertawa Dalam Ice Breaking

Diperbarui: Jan 28


Permainan Ice Breaking dikenal sebagai salah satu permainan dalam kegiatan outbound atau team building. Biasanya permainan ini diletakkan pada awal rangkaian kegiatan sebagai sesi pemanasan sebelum para peserta masuk dalam permainan inti.

Ice breaking memiliki manfaat serta pengaruh yang positif, dimana seluruh peserta bisa tertawa bersama, saling bercanda, tanpa rasa canggung dan malu terhadap rekan lainnya. Dalam relaksasi tertawa suasana pun akan mencair sehingga peserta dapat lebih mudah saling mengenal satu sama lain. Nah, berikut ini beberapa manfaat relaksasi tertawa yang sangat luar biasa untuk perkembangan diri serta dari sudut pandang team work :


Games team building

1. Tertawa baik untuk fisik

Tertawa selain sebagai bentuk kebahagiaan ternyata juga bisa mengurangi ketegangan otot, meningkatkan memori, menambah kekebalan tubuh dan membantu mencegah penyakit jantung.

2. Tertawa itu menenangkan

Saat kita tidak ingin tertawa, otak bisa memerintahkan mulut untuk tertawa. Saat mendengar atau melihat sesuatu yang menggelikan, namun ada orang yang mengatakan ” jangan tertawa “ yang terjadi bukannya kita diam tapi malah tertawa tertahan atau malah tertawa terbahak-bahak. Sulit untuk menyangkal sesuatu yang menyenangkan apalagi untuk tidak tertawa.

3. Tertawa seperti berolahraga Tertawa merupakan tindakan fisik yang bisa menjadi olahraga ringan untuk tubuh. Ketika tertawa, wajah anda mengalami peregangan otot. Hal ini akan meningkatkan denyut nadi dan oksigen yang tersebar ke jaringan. Ini dikarenakan saat tertawa anda akan bernapas lebih cepat. Tidak hanya itu, tertawa membuat jantung memompa lebih cepat. Ini akan membuat peredaran darah jauh lebih lancar.

4. Tertawa bisa mengubah mood buruk

Tertawa juga membantu seseorang menahan energi negatif saat suasana hati buruk. Endorfin (zat kimia) yang dihasilkan saat tertawa membuat perasaan jauh lebih baik.

5. Tertawa dapat mengurangi rasa sakit

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa penderita penyakit kronis tidak merasa terganggu dengan rasa sakitnya tersebut ketika mereka sering tertawa. Tertawa tidak akan menyembuhkan sakit kronis anda, tetapi bisa membantu meringankan rasa sakit yang diderita.


Mau tahu bagaimana keseruan ice breaking, simak di link berikut:



#icebreaking #TeamBuilding

28 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua