Manfaat Games Team Building Bagi Karyawan

Dalam dunia kerja, pasti kita pernah mengalami banyak kendala apalagi pekerjaan cenderung lebih padat pada setiap harinya. Tentu saja hal ini akan membuat kita merasa jenuh bahkan tak jarang karena terlalu capek kita merasa mengantuk saat di kantor. Situasi seperti ini akan berujung menjadi tidak produktif dalam menyelesaikan tugas atau pekerjaan.

Kondisi seperti ini tidak boleh dibiarkan secara berkelanjutan karena akan mengakibatkan menurunnya produktivitas kerja. Baiknya kita keluar dari zona untuk menyegarkan suasana dan mengembalikan produktivitas. Kita bisa berlibur ke suatu tempat yang belum pernah kita kunjungi, dimana tempat tersebut menyediakan beberapa wahana yang menarik seperti permainan menyenangkan yang sederhana dan mudah dilakukan.


citra alam seaside

Kita bisa memainkan beberapa games team building ringan maupun yang memerlukan banyak energi. Games team building yang baik mampu meningkatkan performa kerja dan meningkatkan motivasi karyawan sehingga semua karyawan semangat saat kembali bekerja. Dengan menjalankan permainan sederhana yang seru ini, Anda dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dengan sesama karyawan. Selain itu, kegiatan ini juga dapat membangun semangat kompetisi antar karyawan. Berikut manfaat games team building bagi karyawan:

1. Memperkuat komunikasi

Salah satu manfaat dari games team building adalah memperkuat komunikasi antar anggota. Tercapainya suatu tujuan karena terjalinnya komunikasi yang baik antar anggota tim. Games team building dapat membantu membangun komunikasi antara anggota team dengan baik untuk mewujudkan tujuan.

2. Melatih leadership tanpa resiko-

Menjadi seorang pemimpin dalam suatu perusahaan bukan hal yang mudah baik memimpin tim atau memimpin proyek. Menjadi pemimpin dibutuhkan sikap tegas, berani, dan bertanggung jawab. Namun, terkadang terdapat pemimpin merasa kurang percaya diri. Apalagi membayangkan kegagalan yang mungkin terjadi. Lewat aktivitas permainan team building, anggota tim bisa mencoba menjadi pemimpin tanpa khawatir risiko. Ia dapat belajar mengarahkan serta mengatur teman-temannya, kemudian menerapkan pengalaman itu secara profesional. Bila ada kegiatan semacam ini dalam team building, utamakan karyawan yang belum berpengalaman.

3. Membuat anggota tim saling mengenal

Dalam dunia kerja tentunya terbatas oleh ruang, jika di luar kantor kita bisa berteman dengan siapa saja. Namun, di tempat kerja menuntut kita untuk kompak dengan anggota tim walau tidak saling mengenal dan tidak memiliki banyak kesamaan. Perbedaan itu kadang membuat kita sulit beradaptasi dengan anggota tim lainnya bahkan terasa begitu canggung.

Lewat permainan team building kita memiliki kesempatan untuk melihat sisi lain dari anggota tim lainnya yang biasanya tidak muncul di kantor. Misalnya, dalam divisi finance yang terkenal pendiam saat berinteraksi secara langsung ternyata orangnya asyik dan nyambung buat ngobrol. Semakin banyak kita mengenal seseorang, semakin kita bisa merasa lebih am