top of page

Kreasi Membuat Karya Kreatif Di Rumah Aja

Diperbarui: 28 Jan 2021

Lebih banyak beraktivitas di rumah saja selama pandemi, bukan berarti tidak bisa berkreasi atau membuat karya. Dengan melakukan kegiatan kreativitas justru akan dapat mengusir kejenuhan. Bahkan disaat kita harus di rumah saja, berkarya bisa dilakukan dengan mengikuti berbagai tutorial secara online. Salah satunya berkreasi membuat karya dari tanah liat.

Tanah liat merupakan salah satu bahan yang bisa digunakan untuk berkreasi dan membuat karya dengan mudah.  Mungkin kita masih ingat dengan slogan “Berani Kotor itu Baik.”  Ini bisa diterapkan dalam kreasi tanah liat. Tanpa batasan usia, siapapun dapat membuat kreasi tanah liat. Apalagi bahan tanah liat Citra Clay memiliki tekstur sangat halus dan mudah dibentuk serta aman bagi kulit karena sudah lulus tes laboratorium Sucofindo. 

Banyak benda bisa dibuat dari tanah liat yang tentunya bisa bermanfaat untuk mempercantik ruangan di rumah atau sebagai wadah merapihkan  barang-barang yang rutin digunakan sehari-hari. Seperti pajangan atau hiasan dinding, vas bunga, tempat pensil, celengan, gantungan kunci, mangkuk, asbak, guci, dll. 

Karya keramik yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari

Semua benda-benda kerajinan diatas dapat dibuat dengan mengikuti tutorial secara online. Melalui pelatihan online, anda dan keluarga bisa berkreasi tanah liat di rumah saja sehingga lebih aman dan tidak khawatir akan bertemu banyak orang secara langsung. Pelatihan online dilakukan melalui aplikasi zoom, dengan bahan yang dikirimkan langsung kepada peserta. Sebelum pelaksanaan kegiatan, peserta akan diarahkan untuk menyediakan berbagai peralatan pendukung yang mudah ditemui di rumah. Peralatan tersebut disesuaikan dengan benda apa yang akan dibuat. 

Seperti pada pembuatan tempat pensil dalam pelatihan online perdana, 15 September lalu. Setiap tahapan pembuatannya dipandu oleh instruktur profesional dan acara dipandu oleh host sehingga berlangsung seru. Untuk membuat tempat pensil dibutuhkan peralatan pendukung seperti tusuk gigi dan tutup pasta gigi. Bahan tanah liat yang dibutuhkan hanya 1 kilogram dengan menyediakan air secukupnya. Selama pelatihan berlangsung, meja atau tempat membuat karya harus diberi alas plastik.

Dalam durasi tertentu, peserta akan mengikuti jalannya pelatihan dengan suasana fun. Sambil terfokus pada karya yang sedang dibuat, peserta dapat mendengarkan berbagai informasi atau wawasan dari Host, mengenai bahan tanah liat dan benda yang sedang dibuat. Instruktur yang memandu pun menyampaikan setiap tahapan secara mendetail dengan bahasa yang mudah dipahami sehingga bisa langsung dipraktekkan.  Ada keasyikan dan keseruan tersendiri saat membuat karya dari keramik meski hasilnya tidak sama persis dengan yang diperagakan. 

membuat benda dari tanah liat di rumah

Meski belum sempurna akan lebih puas jika karya adalah hasil tangan sendiri

Setelah karya selesai dibuat, selanjutnya instruktur akan menginformasikan cara mengeringkan karya dengan sempurna. Peserta juga diminta untuk berkreasi dengan warna, sebagai sentuhan akhir setelah karya tanah liat kering. Hasil karya yang sudah diwarnai, siap digunakan sesuai kebutuhan.

Setelah menggelar kelas prakarya online perdana pada September lalu, Citra Alam bersama Rumah Tanah Liat Citra akan menggelar kelas yang kedua. Ada tema menarik pada kelas yang kedua karena berhubungan dengan hari besar nasional di bulan Oktober.

Mari bermain belajar dan berkarya, tiada hari tanpa berkarya. 

122 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page