Kembali Semangat Setelah Liburan Panjang

Setelah libur satu atau dua minggu menjelajah kota atau sekedar bersantai, liburan panjang akhir tahun sudah hampir usai. Sayangnya, langsung kembali bekerja setelah liburan bisa menimbulkan perasaan yang kurang menyenangkan, bahkan kurang bersemangat. Selagi masih ada beberapa hari lagi sebelum mulai kembali dengan aktivitas rutin, maka ada baiknya mulai mempersiapkan diri agar ketika hendak beraktivitas anda pun bisa mendapatkan semangat yang baru. Untuk menghindari rasa malas dan kembali semangat setelah liburan sehingga memberikan motivasi bagi aktivitas sehari-hari anda, cobalah beberapa tips berikut :

  1. Tuliskan aktivitas yang akan anda lakukan untuk mengawali rutinitas

Meski waktu liburan masih beberapa hari lagi, anda sudah bisa mulai menuliskan apa saja yang akan dilakukan saat hari pertama melakukan aktivitas rutin. Di hari pertama tersebut sebaiknya tidak meng-agendakan pekerjaan yang berat atau berhubungan dengan deadline maupun pencapaian target agar tubuh dan pikiran anda dapat beradaptasi terlebih dulu dari suasana berlibur ke suasana bekerja.


  1. Pikirkan keseruan saat kembali beraktivitas

Bertemu kembali dengan rekan kerja, teman kuliah atau sekolah, serta mendengarkan musik disela aktivitas bekerja merupakan beberapa keseruan yang bisa dirasakan saat kembali beraktivitas. Bayangkanlah anda kembali masuk ke dunia tersebut dengan segala keseruannya untuk menghidupkan semangat setelah liburan, sehingga anda termotivasi dalam menjalani aktivitas sehari-hari. 

  1. Rencanakan berkumpul dengan teman disela aktivitas

Kembali menjalani aktivitas rutin sehari-hari baik di bekerja atau sekolah tidak selalu disibukkan dengan berbagai pekerjaan, tugas, dsb. Pasti masih ada waktu-waktu luang yang bisa digunakan untuk berkumpul bersama teman. Anda bisa merencanakan waktu tersebut sekaligus berbagi cerita mengenai momen seru liburan akhir tahun bersama keluarga.  

  1. Hindari begadang dan tidur lebih awal

Apabila selama liburan  panjang anda sering tidur larut malam maka ubahlah kebiasaan itu ketika sudah semakin mendekati hari untuk beraktivitas kembali. Hal tersebut penting dilakukan agar anda dapat kembali terbiasa memulai aktivitas di pagi hari, serta mencegah rasa malas di hari pertama beraktivitas.