Jalin Silaturahmi Melalui Wisata Edukatif Menyenangkan

Diperbarui: Jan 28

Era gadget dan keterbukaan informasi yang terus menerus berkembang saat ini makin menimbulkan dampak yang cukup signifikan di berbagai lini kehidupan masyarakat. termasuk mempengaruhi cara bersosialisasi satu sama lain. Kondisi masyarakat yang sudah bisa dikatakan ‘melek teknologi’ terjadi di kawasan perkotaan sampai pedesaan. Dengan telepon genggam cerdas atau yang dikenal dengan smartphone, memungkinkan seseorang untuk terhubung dengan orang lain dari berbagai penjuru dunia. Tak hanya teman, keluarga atau kerabat, orang yang tidak dikenal pun bisa terhubung dengan sangat mudahnya. Banyak yang mengkhawatirkan kalau situasi demikian dapat menghilangkan rasa kekeluargaan dan kebersamaan hingga memutus silaturahmi. Bahkan sempat muncul anggapan bahwa teknologi informasi membuat  yang jauh menjadi dekat, sementara yang dekat menjadi jauh. Padahal dalam keseharian, orang-orang dekatlah yang selalu ada, baik keluarga, tetangga, maupun teman.

Oleh karena itu tak heran jika saat ini terdapat banyak cara untuk semakin mempererat keakraban dan silaturahmi. Di lingkungan keluarga pasti memiliki cara yang berbeda dengan lingkungan perumahan atau perkantoran. Menggelar acara gathering merupakan salah satunya. Bahkan sekarang ini acara gathering sudah familiar di banyak kelompok masyarakat.


Pada dasarnya fungsi dan tujuan penyelenggaraan kegiatan gathering adalah untuk menambah keakraban dan mempererat tali silaturahmi. Hanya saja jika di perusahaan atau instansi pemerintah, kegiatan tersebut diselenggarakan guna memfasilitas waktu berkualitas antara seluruh karyawan dengan keluarganya.

Gathering diperlukan untuk penyegaran di sela penatnya rutinitas pekerjaan sehari-hari. Sementara pada kelompok masyarakat, gathering sering digunakan untuk saling bertukar informasi mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan aktivitas kelompok mereka.

Gathering sendiri biasanya digelar di indoor maupun outdoor dengan  tour ke luar kota dan mengambil lokasi di daerah seperti pegunungan atau pantai. Sambil menikmati keindahan alam serta hawa sejuk segar udaranya yang bebas dari polusi, kegiatan gathering dapat berjalan efektif dan menjadi pengalaman kebersamaan yang tak terlupakan.