Ingin Mencapai Financial Freedom? Lakukan 10 Cara Mudah ini


Pandemi covid-19 yang menjadi bencana dunia selama 2 tahun ini bisa menjadi pelajaran berharga, bahwa penting bagi setiap manusia untuk bijak mengelola keuangannya. Adanya pembatasan sosial membuat ekonomi masyarakat terpuruk karena tidak ada lagi aktivitas jual beli, daya beli menurun hingga terjadi banyak pemutusan hubungan kerja oleh perusahaan yang tidak lagi mampu menanggung biaya operasional dalam kondisi tidak memiliki omzet. Salah satu hikmah yang juga bisa diambil adalah manusia tetap bisa bertahan hidup meski tidak dengan gaya hidup yang berlebihan. Kondisi memaksa untuk bisa hidup minimalis dan berhemat, karena merasa uang sangatlah berharga, berapapun jumlahnya. Bagi orang yang memang sudah terbiasa hidup sederhana dan berhemat, mungkin tidak akan sulit menghadapi kondisi perekonomian yang buruk, tapi bagi orang yang tidak terbiasa akan sangat menyusahkan. Padahal kita semua tahu banyak sekali manfaat hidup hemat, salah satunya adalah bisa mencapai kemerdekaan finansial atau financial freedom di masa depan. Lalu apa itu Financial Freedom?



Dirangkum dari berbagai sumber, Financial Freedom adalah kondisi dimana anda bisa mengambil berbagai keputusan, memenuhi semua kebutuhan, mewujudkan semua keinginan, tanpa khawatir memikirkan kondisi keuangan. Bisa diartikan juga sebagai kondisi mapan. Nah, jika bicara tentang kemapanan, maka tidak akan terlepas dari pentingnya perencanaan keuangan, apalagi disaat seseorang masih berada di usia produktif. Berapapun penghasilan yang anda dapatkan dari pekerjaan yang dijalani, harus bisa dikelola dengan baik. Seperti pepatah Hemat Pangkal Kaya, belajar hidup hemat ketika sudah mampu memiliki penghasilan sendiri akan membawa keberuntungan bagi masa depan.


Cara mencapai financial ternyata tidak sulit, tetapi juga tidak mudah. Syaratnya hanya satu konsisten dengan apa yang akan dilakukan untuk mencapai satu tujuan tersebut. Berikut ini 10 cara mudah mencapai financial freedom:


  1. Tetapkan terlebih dahulu tujuan hidup. Anda punya keinginan atau cita-cita di masa depan yang seperti apa nantinya. Kehidupan untuk diri sendiri dan keluarga misalnya memiliki rumah pribadi, kendaraan pribadi, mewujudkan pendidikan terbaik untuk anak dan lain-lain. Lalu tetapkan secara nominal, berapa uang yang anda butuhkan untuk mewujudkannya.

  2. Buat anggaran mulai dari bulanan sampai tahunan. Dari penghasilan yang didapatkan, tentukan persentase untuk semua kebutuhan dan mencicil kebutuhan untuk masa depan.

  3. Lunasi kartu kredit sepenuhnya merupakan langkah yang sangat penting karena kartu kredit memberlakukan bunga tinggi bagi keterlambatan pembayaran yang sudah pasti akan menguras uang anda.

  4. Buat penghematan otomatis dengan cara mendaftar pada program pensiun, ikut dalam program asuransi jiwa, kesehatan dan pendidikan. Penghematan otomatis yang dilakukan banyak orang adalah dengan menerapkan autodebet rekening untuk program tersebut.

  5. Mulai investasi sekarang melalui berbagai cara. Bisa dengan investasi emas atau saham jika anda memiliki penghasilan berlebih. Di jaman sekarang ini, banyak sekali lembaga resmi yang menawarkan investasi dengan mudah dan murah. Pilihlah lembaga yang terpercaya dan berada dalam pengawasan otoritas pemerintah.

  6. Perkaya wawasan tentang perpajakan, pasar saham dan perkembangan keuangan dalam negeri dan dunia. Dengan memperoleh pengetahuan yang cukup, maka langkah investasi atau penghematan yang anda lakukan dengan melibatkan lembaga lain, dapat lebih aman dan terjaga dari praktik-praktik yang melanggar hukum.

  7. Pemeliharaan aset secara tepat dengan melakukan perawatan secara berkala. Istilah lebih baik mencegah daripada mengobati, juga bisa berlaku terhadap aset yang anda miliki karena biaya perawatan pastinya lebih murah daripada biaya perbaikan.

  8. Hidup sesuai kemampuan dan kebutuhan dengan cara membelanjakan uang sesuai dengan kebutuhan hidup diri dan keluarga. Bukannya tidak boleh mengikuti keinginan untuk membeli barang tertentu, tapi ada baiknya buatlah perencanaan matang terlebih dulu agar tidak mengganggu biaya hidup anda.

  9. Berkonsultasi dengan jasa penasihat keuangan jika anda telah mengumpulkan jumlah kekayaan yang cukup, agar dapat membantu dalam mengambil setiap keputusan.

  10. Jaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan sehat, minum air putih yang cukup serta berolahraga. Jika tubuh sehat, maka anda akan selalu berada dalam kondisi yang fit untuk menjalankan setiap aktivitas produktif sambil merencanakan masa depan.





Cukup mudah kan 10 langkah mewujudkan financial freedom? Dibutuhkan konsistensi dan kedisiplinan untuk menerapkannya. Ajak keluarga anda untuk bekerja sama dalam menjalankannya. Ayo wujudkan masa depan gemilang anda bersama keluarga, dari sekarang!


50 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua