top of page

Ibadah Ramadhan Lewat Berkarya Penuh Manfaat

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni. Hadits ini dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ no:3289).


Karena sesungguhnya ketika kita berbuat baik kepada orang lain, manfaatnya akan kembali kepada kita .


إِنْ أَحْسَنْتُمْ أَحْسَنْتُمْ لِأَنْفُسِكُمْ ۖ وَإِنْ أَسَأْتُمْ فَلَهَا ۚ فَإِذَا جَاءَ وَعْدُ الْآخِرَةِ لِيَسُوءُوا وُجُوهَكُمْ وَلِيَدْخُلُوا الْمَسْجِدَ كَمَا دَخَلُوهُ أَوَّلَ مَرَّةٍ وَلِيُتَبِّرُوا مَا عَلَوْا تَتْبِيرًا


Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri, dan apabila datang saat hukuman bagi (kejahatan) yang kedua, (Kami datangkan orang-orang lain) untuk menyuramkan muka-muka kamu dan mereka masuk ke dalam masjid, sebagaimana musuh-musuhmu memasukinya pada kali pertama dan untuk membinasakan sehabis-habisnya apa saja yang mereka kuasai. (Al-Isra Ayat 7)


Seperti itulah bunyi hadits dan ayat Al Quran yang mengajarkan kepada manusia untuk menjadi bermanfaat bagi manusia lain. Kebermanfaatan juga bisa berguna bagi diri sendiri karena manusia itu sendiri lah yang akan mengambil hikmah dari kebermanfaatannya itu.

Berkarya penuh manfaat selama Ramadhan saat pandemi
Berkarya itu sama dengan ibadah

Bulan Ramadhan selalu identik dengan perbaikan ibadah dan bagaimana berprilaku sebagai manusia yang yang lebih baik. Dalam mengerjakan apapun, selama hal yang dikerjakan adalah untuk kebaikan, bisa dikatakan bahwa manusia tersebut sedang beribadah. Termasuk bekerja, berkarya, atau secara umum berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Sebagai tempat wisata yang membantu menerapkan nilai-nilai edukasi di setiap kegiatannya, Citra Alam mengadakan program Ramadhan Berkarya sebagai sarana untuk menggelar berbagai kegiatan kreativitas secara virtual selama bulan Ramadhan.

Dalam program Ramadhan Berkarya, setiap peserta akan diajarkan untuk membuat karya sendiri secara virtual dengan panduan instruktur berpengalaman. Karya tersebut tentu saja bermanfaat, seperti untuk menghias baju yang dikenakan, membuat benda-benda dari tanah liat yang biasa digunakan sebagai perabot di dalam rumah, sehingga ruangan menjadi semakin indah dilihat. Bahan-bahan yang digunakan pun tidak perlu repot untuk mencarinya, tapi akan disediakan oleh Citra Alam yang bekerjasama dengan Rumah Tanah Liat Citra.

Kelas prakarya online membatik bersama instruktur berpengalaman

Meski program Ramadhan Berkarya ditujukan untuk mendukung PJJ yang masih dilakukan banyak sekolah selama pandemi, namun tidak menutup kesempatan bagi siapa saja yang ingin mengikutinya. Tanpa batasan usia dan jumlah peserta, Citra Alam akan memfasilitasi setiap kegiatan sesuai dengan kebutuhan setiap pesertanya.

Ayo tunggu apalagi, karena berkarya itu ibadah, maka isilah Ramadhan anda dengan berkarya penuh manfaat.

433 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page